Selasa 13 September 2022, 08:17 WIB

Sinergi Antarpihak Dinilai Menjamin Pembangunan Berkelanjutan

M Sholahadhin Azhar | Humaniora
Sinergi Antarpihak Dinilai Menjamin Pembangunan Berkelanjutan

dok.medcom
Ilustrasi

 

SELURUH pihak diminta gotong royong memastikan tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia terjamin. Kerja sama antarpihak wajib ada untuk menjamin tujuan pembangunan di Indonesia.

Direktur Eksekutif Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) Indah Budiani menyebut jaminan itu dapat diwujudkan dengan pendekatan yurisdiksi atau konsensus antarpihak berkepentingan. Hal tersebut diyakini sebagai pintu masuk integrasi dalam pembangunan berkelanjutan.

"Ini untuk mencapai agenda Indonesia, serta target pembangunan nasional yang berkelanjutan," kata Indah melalui keterangan tertulis, yang dikutip Selasa (13/9/2022)

Dia meminta prinsip gotong royong antarpemangku lingkungan agar adanya integrasi dalam pembangunan ekonomi dan lingkungan secara berkelanjutan. Gotong royong harus dilakukan lintas sektor.

Perencana Ahli Utama Kedeputian MSDA, Bappenas Wahyuningsih Darajati menjamin tujuan pembangunan berkelanjutan tetap ada di Indonesia. Dia menyebut pandemi covid-19 bukan penghalang pembangunan di Indonesia.

Wahyuningsih malah menyebut pandemi covid-19 momen terbaik untuk melakukan transformasi dalam pembangunan yang konvensional di Indonesia. Bappenas juga bakal memastikan tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia bakal menerapkan konsep ekonomi sirkular.

Ekonomi sirkular diyakini bisa mengoptimalkan sumber daya. Skema itu juga diyakini bisa untuk memaksimalkan pemakaian daya guna desain produk. Kolaborasi dipastikan ada dalam penerapan ekonomi sirkular ini.

"Kolaborasi para pihak adalah kunci penting untuk mewujudkan target ambisius pembangunan berkelanjutan (SDGs), yaitu dengan terbangunnya kemitraan yang multipihak, baik keterlibatan pemerintah, parlemen, pakar, ormas, media, filantropi, hingga pelaku bisnis," ujar Wahyuningsih. (medcom.id/OL-13)

Baca Juga: KLHK Kerja sama dengan Mowilex Tanam 10 Ribu Bibit Mangrove di Belitung

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman.

Tanggal Maulid Nabi 2022 dan Sejarahnya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:30 WIB
Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Maulid Nabi menjadi momen untuk mengingat, menghayati, dan memuliakan...
Antara

66,37% Anak Terproteksi Vaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:18 WIB
Sebanyak 21.159.070 anak telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 80,15 persen dari...
Freepik

Doa Koronka Kerahiman Ilahi

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:04 WIB
Umat Katolik disuruh untuk berdoa Koronka Kerahiman dan menguduskan Gambar Kerahiman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya