Sabtu 10 September 2022, 21:56 WIB

ATVI Dorong Para Lulusannya Masuk Industri Kreatif Digital

mediaindonesia.com | Humaniora
ATVI Dorong Para Lulusannya Masuk Industri Kreatif Digital

Ist
Direktur Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Drs. Eduard Depari, MA, MSc

 

ERA digitalisasi telah datang dan merambah ke semua lini kehidupan manusia. Kita harus siap dan mampu menghadapi era yang cepat, tepat, efesien, dan penuh tantangan ini.

Karena itu. Akademi Televisi Indonesia (ATVI) sebagai institusi pendidikan tinggi berbasis digital, berupaya membawa para mahasiswa dan lulusannya ke industri kreatif digital.

“Industri kreatif digital ini adalah industri yang harus  menghasilkan sesuatu yang baru  dan relevan yang lahir karena kreativitas. Karena iu kreativitas itu harus bermanfaat bagi orang lain,” ujar Direktur ATVI, Drs. Eduard Depari, MA, MSc saat memberikan sambutan pada acara “Kuliah Perdana ATVI” di Studio 1 Indosiar, Jakarta, Jumat (9/9). 

Hadir pada acara ini , para pimpinan ATVI, seluruh mahasiswa baru dan orang tua mereka.

Yang menarik perhatian, ada satu mahasiswa baru bernama Nia, finalis LIDA Indosiar 2020 yang menghibur hadirin dengan nyanyian merdunya dan bergoyang bersama hadirin.

Lebih lanjut Eduard mengatakan, terkait dengan industri kreatif digital tersebut, ATVI akan membekali para mahasiswa dengan sejumlah kemampuan yang dapat menjadi bekal mereka terjun ke industri kreatif digital ini.

Baca juga: Gandeng Universitas, Perhutani Tingkatkan Kompetensi SDM Kehutanan

Bekal bagi para mahasiswa yang di antaranya kemampuan berfikir kritis, sebab dengan sikap kritis itu ilmu akan berkembang.

Kemampuan komunikasi menjadi sentral karena meski sering diucapkan, kadang kemampuan komunikasi ini sering disalahartikan.

Selanjutnya kemampuan berkolaborasi merupakan modal bagi keberhasilan dalam membangun tim kerja. Juga pembekalan  kemampuan estetika dalam berkarya tak kalah pentingnya.

“ATVI juga akan membekali mahasiswa dengan kemampuan bersikap etis. Ini bekal penting bahwa apa yang dihasilkan dalam proses  berkarya, ditujukan untuk kepentingan masyarakat,” ujar Eduard.

Ia menambahkan,"Hhidup kita harus bermakna. Karena itu pentingnya belajar bagi mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pengetahuan dan membangun nilai."

Produksi konten di era media figital  

Acara pokok Kuliah Perdana ATVI adalah pemaparan tentang “ Wabah Produksi Konten di Era Media Digital : Peluang Kerja dan Karir” yang dibawakan Hans Utama Raphael, praktisi audio video dan penyiaran yang juga Kabag Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Institusi ATVI.

Hans Utama, lulusan Seni Rupa ITB tahun 1979 yang kemudian berkarier lama di Stasiun Televisi Indosiar ini menegaskan bahwa pilihan mahasiswa untuk kuliah di kampus ATVI sudah tepat. 

"ATVI merupakan kampus swasta satu-satunya yang memiliki prodi produksi media. Program studi serupa ada di Universitas Indonesia," jelasnya.

Menurut Hans, prodi produksi media bertujuan mempersiapkan sumber daya masyarakat yang memiliki kompetensi penyiaran televisi.

"Juga mampu memprodusi aneka jenis program televisi dan konten digital yang menarik, menghibur dan memenuhi syarat tayang dan beretika. Pencapaian kompetensi ini diupayakan melalui pengajaran mata kuliah yang relevan dan terstruktur secara akademik," jelasnya.

Mengenai Kampus ATVI,  kepada para mahasiswa baru dan orang tua, Hans mengatakan, ATVI  menghubungkan dunia pendidikan vokasi dengan industri kerja.

"Sehingga terjadi relevansi antara penempuh pendidikan Vokasi dengan industri yang membutuhkan tenaga kerja sesuai keahlian," katanya.

"ATVI berada di dalam jaringan usaha group EMTEK (Elang Mahkota Teknologi) merupakan induk perusahaan yang membawahi bidang IT, media platform, content hub, digital media business, e-sommerce, dan lain-lain," jelas Hans. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman.

Tanggal Maulid Nabi 2022 dan Sejarahnya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:30 WIB
Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Maulid Nabi menjadi momen untuk mengingat, menghayati, dan memuliakan...
Antara

66,37% Anak Terproteksi Vaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:18 WIB
Sebanyak 21.159.070 anak telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 80,15 persen dari...
Freepik

Doa Koronka Kerahiman Ilahi

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:04 WIB
Umat Katolik disuruh untuk berdoa Koronka Kerahiman dan menguduskan Gambar Kerahiman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya