Selasa 02 Agustus 2022, 22:51 WIB

Guru Bimbingan dan Konseling Berperan Arahkan Minat Studi Siswa

mediaindonesia.com | Humaniora
Guru Bimbingan dan Konseling Berperan Arahkan Minat Studi Siswa

Ist
Universitas Pancasila (UP) gelar acara gathering guru dari Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) tingkat SMA/SMK se-Jabodetabek.

 

UNIVERSITAS Pancasila (UP) menyelenggarakan acara gathering guru dari Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) tingkat SMA/SMK se-Jabodetabek di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kampus UP, Jakarta, Selasa (2/8).

Turut hadir memberikan sambutan pada gathering yakni Rektor UP Prof Dr Edie Toet Hendratno SH MSi FCBArb, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023 Prof Dr Sri Widyastuti SE MM MSi, dan Ketua Pelaksana Gathering Dra Hj Dewi Trirahayu MM.

Gathering juga diisi Workshop Guru BK yang menampilkan pemateri pembicara Dr (Cand) Aryo Seno Wicaksono SKom MM CH CHt CHC MCHC CI dengan tema Teknik Komunikasi Persuasif Berbasis Neuro-Linguistik Programming (NLP) untuk Bimbingan Konseling. 

Ketua MGBK SMA/SMK DKI Jakarta Dra Ester Damanik MPsi MPd Kons menjelaskan Teknik Komunikasi Persuasif Berbasis NLP untuk Bimbingan Konseling sangat penting bagi guru untuk mengetahui kompetensi siswa.

Apalagi dengan hadirnya kurikulum merdeka belajar dari Kemendikburistek, guru BK perlu mengetahui kompetensi siswa agar siswa terbantu saat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

"Tugas dari guru BK yakni mengarahkan siswa. Biasanya di kelas 10, siswa akan diberikan semua mata pelajaran," jelasnya.

"Setelah kelas 10, mereka bisa memilih mata pelajaran yang disuka dan menyenangkan. Di sini ada peran guru BK untuk mengarahkan siswa untuk memilih mata pelajaran yang cocok untuk dipelajari," kata Ester.

Misalnya, seorang siswa menyukai dan ingin mengambil jurusan kedokteran saat kuliah. Maka, guru BK mengarahkan siswa untuk menguasai pelajaran kimia, biologi, dan matematika, serta tidak tertutup kemungkinan juga belajar sosiologi, karena terkait hubungannya dengan manusia.

Jika berminat dengan bisnis, bisa mengarahkan siswa untuk mempelajari ekonomi, matematika, dan sosiologi karena harus berhadapan dengan manusia setiap hari.

"Dengan menguasai NLP, guru bisa mengetahui kebutuhan anak secara umum dan menjadi pengetahuan dasar bagi guru untuk memberikan motivasi kepada siswa serta mengarahkannya," pungkas dia.

Ketua Pelaksana Gathering Dra Hj Dewi Trirahayu MM menjelaskan acara gathering digelar untuk menjalin tali silaturahmi antara UP dan guru MGBK se-Jabodetabek yang sudah terjalin selama 13 tahun.

"Ada sekitar 100 guru MGBK dari 100 sekolah SMA/SMK se-Jabodetabek yang hadir. Melalui silaturahmi ini, kami juga berharap guru MGBK bisa berkontribusi dalam penerimaan mahasiswa baru di UP," jelas dia.

Di ujung acara, UP memberikan apresiasi kepada sekolah berkontribusi terbaik, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) kerja sama antara UP dan MGBK, pemaparan program promosi (beasiswa UP), serta kunjungan guru MGBK ke fakultas-fakultas UP. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Pentingnya Penggunaan 'Sheet Mask' untuk Kulit Wajah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:45 WIB
Salmon DNA ampuh untuk menghidrasi hingga mencerahkan kulit wajah, menjaga kulit dari efek penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit,...
Antara

TFR Ideal Optimalkan Pencapaian Bonus Demografi

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:35 WIB
Dengan pertumbuhan penduduk yang seimbang saat ini maka bonus demografi Indonesia bisa dimanfaatkan secara...
DOK Pribadi.

Politeknik APP Jakarta Targetkan 65% Mahasiswanya Bekerja sebelum Wisuda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:33 WIB
Politeknik APP Jakarta menargetkan 65% mahasiswanya sudah bekerja sebelum wisuda. Kemudian 80% dari seluruh mahasiswa memperoleh pekerjaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya