Selasa 12 Juli 2022, 13:20 WIB

Soprema Fisipol UGM 2022 Jaring Sociopreneur Muda Seluruh Indonesia

Ardi T Hardi | Humaniora
Soprema Fisipol UGM 2022 Jaring Sociopreneur Muda Seluruh Indonesia

MI/Ardi T Hardi
Kampus Universitas Gadjah Mada

 

PUSAT Kajian Kepemudaan/Youth Study Centre (YouSure) Fisipol UGM bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) kembali menyelenggarakan gelaran Socioprencur Muda Indonesia (Soprema) Fisipol UGM. Ajang yang memasuki tahun ketujuh ini hadir dengan tema #7TahunSOPREMA: Recover Together Recover Stronger, Bangkit bersama Sociopreneur

"Harapan kami dari terselenggaranya Soprema tahun ini adalah dapat memacu semangat para sociopreneur muda Indonesia untuk tetap terus mengembangkan usahanya di tengah berbagai persoalan sosial ekonomi pascpandemi Covid-19," ujar Eka Zuni Lusi, selaku Ketua Pelaksana Soprema Fisipol UGM 2022.

Ia menyebut, melalui tema ini, Soprema Fisipol UGM 2022 berupaya untuk mewadahi dan memfasilitasi ide wirausaha sosial, khususnya oleh pemuda, untuk kembali pulih dan bangkit kembali setelah adanya pandemi Covid-19 yang saat ini sudah mulai dapat dikendalikan.

Melihat situasi pandemi saat ini yang terus melandai, lanjut dia, beberapa penyesuaian dilakukan pada penyelenggaran Soprema Fisipol UGM 2022 guna mengembalikan semangat para Sociopreneur muda Indonesia untuk berkiprah seperti sedia kala.

"Di tahun 2022 imi, rangkaian acara SOPREMA FISIPOL UGM 2022 akan digelar dengan metode hybrid atau bauran," jelas dia.

Gelaran SOPREMA 2022 dimulai pada hari ini (11/07) diawali dengan Konferensi Pers dan pembukaan pendaftaran Inkubasi (hanya akan dibuka sampai tanggal 22 Juli 2022), dan disusul kemudian pembukaan pendaftaran Kompetisi dari tanggal 20 Juli 2022 sampai dengan 30 Agustus 2022. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi SOPREMA, Attp://SOPREMA fisipol
ugm.ac.id.

Dua kategori dikompetisikan, yakni Kick-Off dan Startup. Kategori Kick off ditujukan ntuk usaha dengan usia di bawah satu tahun atau masih dalam bentuk ide usah, sedangkan Startup ditujukan untuk usaha dengan usia usaha di atas satu tahun.

Tema-tema usaha yang diangkat dalam Kompetisi terdiri dari tiga kelompok tema besar: (i) Agro dan Ekologi (Peternakan dan Pertanian), (ii) Pelayanan Publik (Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata), (iii) Heritage, Art, Culture, and Sustainability Management.

"Target peserta dari kegiatan tahun ini adalah dapat menjaring lebih banyak insan kreatif dan inovatif dari seluruh provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam keseluruhan kegiatan Soprema Fisipol UGM 2022.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kata Eka, inkubasi juga tidak luput dari gelaran Soprema Fisipol UGM 2022. Inkubasi ini merupakan bentuk nyata komitmen Soprema Fisipol UGM antuk terus mengembangkan potensi kewirausahaan sosial dengan cara melakukan pendampingan kepada para sociopreneur muda.

Sedikit berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, dalam kegiatan Inkubasi, tahun ini Inkubasi diselenggarakan bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi (PUI) UGM, yakni direktorat yang memainkan peran strategis dalam meningkatkan produktivitas unit usaha.

Melalui kolaborasi antara SOPREMA-PUI UGM, diharapkan para sociopreneur muda dapat memperoleh ruang yang lebih luas untuk mematangkan gagasan dan ide, serta memperluas jejaring dan peluang kerja sama dengan sociopreneur muda lainnya maupun para investor.

Soprema Fisipol UGM 2022 juga akan lebih berfokus pada inkubasi yang akan dilaksanakan secara luring dan bertempat di Yogyakarta. Eka Zuni Lusi juga menambahkan, melalui penguatan kegiatan inkubasi, diharapkan Soprema Fisipol UGM 2022 dapat menjadi pusat inkubasi kewirausahaan sosial berbasis perguruan tinggi yang kredibel.

Selain itu, Soprema Fisipol UGM juga diharapkan mampu menghasilkan sociopreneur yang memiliki kepekaan tinggi terhadap permasalahan sosial serta terampil dalam mengatasi persoalan terscbut menggunakan pendekatan ekonomi. "Soprema Fisipol UGM 2022 diharapkan dapat menjadi wujud kontribusi dunia akademik dalam menyelesaikan persoalan sosial yang dihadapi pemuda Indonesia," tutup dia. (OL-13)

Baca Juga: Ini Tips Sukses Dapat Kerja untuk Para Lulusan Baru

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Program Sampah Plastik Tukar Beras dari Sinar Mas Land Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:48 WIB
Plastic to Food merupakan bagian dari program edukasi cinta lingkungan Green Habit 2.0 yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land berkolaborasi...
DOK Pribadi.

Gender Studies Forum Bahas Kekerasan Seksual di Pendidikan Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:37 WIB
Kekerasan seksual merupakan masalah serius yang dapat terjadi kepada siapa pun serta kapan pun dan di mana...
 Antara/Deni Setiadi

DPR Apresiasi Perkembangan Kualitas Layanan RS Murni Teguh Medan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 08:10 WIB
Rumah Sakit Murni Teguh sudah memiliki peralatan radiologi, fisioterapi, CT Scan dan lain sebagainya yang sudah modern serta di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya