Senin 27 Juni 2022, 14:00 WIB

DPR Bakal Kaji Penggunaan Ganja untuk Medis

Sri Utami | Humaniora
DPR Bakal Kaji Penggunaan Ganja untuk Medis

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Daun Ganja.

 

BERKACA dari negara-negara yang telah menggunakan Cannabis Sativa untuk kebutuhan medis, memuncul dukungan dari sebagian publik yang menginginkan tanaman tersebut juga dilegalkan di Indonesia untuk kebutuhan yang sama. Merespons hal tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan DPR akan berkoordinasi dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk melakukan kajian penggunaan cannabis sativa untuk pengobatan. 

"Nanti kami akan coba buat kajiannya apakah itu dimungkinkan untuk ganja itu sebagai salah satu obat medis yang memang bisa dipergunakan. Karena di kita kajiannya belum ada atau penelitiannya belum ada. Kita akan coba koordinasikan dengan komisi teknis dan Kementerian Kesehatan dan lain-lain termausk komisi tiga," ujarnya, Senin (27/6).

Baca juga: 5 Kloter Terakhir dari Madinah Diberangkatkan Menuju Makkah

Sufmi menekankan meski sudah ada penelitian di negara lain yang menunjukan keampuhan khasiat daun tersebut namun di Indonesia undang-undangnya masih belum memungkinkan. 

"Ganja menurut penelitian di beberapa negara memang bisa dipakai untuk pengobatan atau medis tapi di Indonesia undang-undangnya masih belum memungkinkan," ucapnya. 

Sebelumnya, beredar foto seorang ibu dan anaknya yang lumpuh menuliskan permohonannya untuk bisa mendapatkan terapi medis dari cannabis sativa. Foto tersebut kemudian beredar di media sosial. (OL-6)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kominfo Tingkatkan Literasi Digital ASN

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 19:37 WIB
Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ASN di Indonesia, yang juga merupakan target...
ANTARA

Cakupan Vaksinasi Booster Naik 21 Ribu di Hari Kemerdekaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 18:44 WIB
Dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 77, pemerintah bersama seluruh masyarakat meneguhkan semangat bersama pulih lebih cepat...
Dok. Depo Bangunan

Salurkan 2.000 Bingkisan, Depo Bangunan Berbagi di HUT ke-77 Republik Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:35 WIB
Direktur Utama Depo Bangunan Kam Kettin mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kebersamaan dalam rangka bangkit bersama serta pulih lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya