Senin 23 Mei 2022, 08:15 WIB

Kemenag dan Kemenkes Latih Petugas Haji Embarkasi Makassar

Humaniora | Humaniora
Kemenag dan Kemenkes Latih Petugas Haji Embarkasi Makassar

ANTARA/ARNAS PADDA
Petugas merapikan tempat tidur di Wisma Jabal Uhud, Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (28/7/2021).

 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melatih 71 petugas haji Embarkasi Makassar yang akan memberikan pelayanan kepada para jamaah calon haji.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel Ikbal Ismail di Makassar, Ahad, mengatakan peserta pelatihan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terdiri atas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Petugas haji ini perlu diberikan pembekalan agar jamaah haji kita nantinya merasakan kepuasan dan kenyamanan saat menjalankan ibadahnya mulai dari pemberangkatan hingga saat pulang," ujarnya.

Baca juga: Embarkasi Makassar Bersiap Terbangkan 7.160 Jemaah Calon Haji

Adapun pelatihan terhadap 71 petugas haji itu akan membawa dan melayani jamaah calon haji se Embarkasi Makassar yang berjumlah 7.160 jamaah yang terbagi dalam 19 kloter untuk tahun 2022 ini.

Para calon jamaah haji itu akan berasal dari 8 Provinsi di Indonesia Timur, yakni Sulsel, Sultra, Sulbar, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

"Jumlah petugas berkurang banyak, sebab kuota jamaah haji untuk Indonesia juga berkurang, tapi semoga hal ini jangan mengurangi semangat petugas dalam melaksanakan amanah sucinya," katanya.

Menurut mantan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar ini, calon jamaah haji kloter pertama rencananya masuk Asrama Haji pada 16 Juni 2022 dan akan diberangkatkan pada 17 Juni 2022.

Baca juga: MUI: Umat Muslim Hindari Hewan Terpapar PMK untuk Kurban

Sementara kloter terakhir di Embarkasi Makassar akan masuk Asrama Haji pada 1 Juli 2022 dan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2 Juli 2022.

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam arahannya menyampaikan bahwa setiap tahun dilaksanakan pelatihan petugas haji salah satu alasannya karena setiap tahun dan setiap saat ada saja dinamika kondisi perhajian, olehnya itu peserta sangat diharapkan keseriusannya dalam mengikuti kegiatan ini.

"Heterogenitas calon jamaah haji Indonesia khususnya di Embarkasi Makassar juga menjadi faktor penting, karenanya para petugas haji memikul tanggung jawab besar ini dalam memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada calon jamaah haji kita," kata Khaeroni.

Dia juga minta petugas haji agar memperhatikan dan memberikan layanan lebih kepada jamaah karena saat ini pelaksanaan haji masih dalam situasi pandemi covid-19.

"Ingatkan terus jamaah kita agar tetap menjaga protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir dan semoga tidak lama lagi pandemi berubah jadi endemi," terangnya. (Ant/H-3)

Baca Juga

DOK TANOTO FOUNDATION

Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Kompetensi Guru di Provinsi Riau

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 05 Juli 2022, 05:00 WIB
Program tersebut merupakan bentuk dukungan dan keterlibatan Tanoto Foundation dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diluncurkan...
Antara

35,4 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:28 WIB
Sebanyak 5.327.981 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.416.934 petugas...
Antara

Vaksin Booster untuk Syarat Mobilitas Berlaku Dua Minggu Lagi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:26 WIB
Keputusan itu berdasarkan hasil rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Nantinya, kebijakan anyar diturunkan melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya