Selasa 17 Mei 2022, 19:20 WIB

Menkes Ungkap Alasan Pelonggaran Pemaikaian Masker

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Menkes Ungkap Alasan Pelonggaran Pemaikaian Masker

Antara
Ilustrasi

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah sudah melonggarkan kebijakan memakai masker. Keputusan itu berdasarkan data ilmiah dan data langsung di lapangan.

“Secara ilmiah dibuktikan serosurvei dan realitasnya dibuktikan kasus menurun. Dengan begitu kita mulai langkah transisi awal,” kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (17/4)

Budi mengatakan hasil serosurvei pada Desember 2021 menyatakan 93 persen masyarakat di Jawa dan Bali memiliki antibodi covid-19. Angka itu meningkat pada serosurvei yang dilakukan pada Maret 2022 atau sebelum periode mudik.

“Kita lihat antibodi dari orang (responden) yang sama meningkat dari 93 persen menjadi 99,2 persen,” ujar dia.

Budi menyebut peningkatan antibodi terjadi berkat percepatan vaksinasi covid-19. Selain itu, masyarakat yang sudah terinfeksi dan sembuh dari covid-19 memiliki imunitas tambahan.

Data lainnya, kata Budi, terlihat dari titer antibodi masyarakat yang meningkat.Titer antibodi masyarakat pada Desember 2021 berada pada order ratusan sekitar 500 hingga 600.

“Tapi begitu diukur pada Maret 2022, titer antibodi naik ke order ribuan sekitar tujuh ribu sampai delapan ribu,” jelas dia.

Peningkatan titer juga terjadi berkat kombinasi vaksinasi dan imunitas alami dari penyintas covid-19. Kombo tersebut membentuk imunitas super.

“Hasil riset di seluruh dunia menunjukkan kombinasi ini disebut super immunity jadi kekebalannya lebih tinggi dan bertahan lama,” tutur Budi.

Budi menuturkan kekebalan masyarakat yang semakin tinggi memengaruhi penambahan kasus. Kasus covid-19 di Indonesia masih terkendali usai Lebaran. (OL-8)

Baca Juga

DOK TANOTO FOUNDATION

Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Kompetensi Guru di Provinsi Riau

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 05 Juli 2022, 05:00 WIB
Program tersebut merupakan bentuk dukungan dan keterlibatan Tanoto Foundation dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diluncurkan...
Antara

35,4 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:28 WIB
Sebanyak 5.327.981 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.416.934 petugas...
Antara

Vaksin Booster untuk Syarat Mobilitas Berlaku Dua Minggu Lagi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:26 WIB
Keputusan itu berdasarkan hasil rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Nantinya, kebijakan anyar diturunkan melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya