Kamis 14 April 2022, 14:37 WIB

Jaga Asupan Nutrisi Berkualitas Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Eni Kartinah | Humaniora
Jaga Asupan Nutrisi Berkualitas Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Ist
Nutrition Talk bersama Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dr. Dana Ryan.

 

HERBALIFE Nutrition kembali menyelenggarakan Nutrition Talk bersama Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dr. Dana Ryan.

Sesi Nutrition Talk kali ini, membahas pentingnya menjaga asupan nutrisi yang berkualitas selama bulan Ramadan.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan Nutrition Talk ini merupakan kesempatan Herbalife Nutrition untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman dalam industri nutrisi secara global.

Terutama saat bulan Ramadan, kecukupan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga tubuh dalam keadaan fit dan sehat saat menjalani puasa selama satu bulan penuh.

“Kami percaya, dengan pengetahuan yang cukup terkait nutrisi akan membantu masyarakat dalam upaya memenuhi kesehatan dan kesejahteraan untuk jangka panjang,” kata Andam Dewi pada keterangan pers, Kamis (14/4).

Baca juga: Lakukan Tips Ini Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa

Herbalife Nutrition memegang teguh komitmen terhadap Global Responsibility atau tanggung jawab global sebagai perusahaan nutrisi terkemuka.

Setidaknya terdapat tiga hal bentuk kontribusi kami dalam menjaga komitmen tanggung jawab global ini. Yaitu, menjaga Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, turut memberdayakan perekonomian masyarakat dan turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian Bumi.

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan, menyampaikan beberapa panduan bagaimana menjaga asupan nutrisi berkualitas sebagai kebiasaan selama Ramadan.

“Saya tahu bahwa ini bisa menjadi sangat menantang. Namun, terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting selama berpuasa,” ungkap Dana Ryan.

Protein

Protein terdiri dari asam amino, protein dan asam amino ini adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot dan organ kita.

Ketika kita mengonsumsi protein makanan, tubuh kita akan memecah menjadi asam amino individu selama pencernaan dan kemudian menggunakan asam amino ini untuk membuat protein baru di seluruh tubuh.

Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi.

Setelah memahami peran protein dalam tubuh, ada tiga manfaat utama protein.

1. Untuk membantu menjaga rasa lapar, protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Dengan mengonsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme.

3. Meningkatkan metabolisme membantu Anda membakar kalori lebih cepat, dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kelompok nutrisi utama dan menyediakan energi bagi tubuh sebagai glukosa (gula darah). Berikut manfaat utama karbohidrat bagi tubuh antara lain;

1. Sumber bahan bakar utama bagi tubuh.
2. Menyediakan fitonutrien dan antioksidan.
3. Menyediakan serat.
4. Memberi rasa kenyang lebih lama.

Lemak

Lemak merupakan nutrisi utama seperti karbohidrat dan protein, tetapi jumlah kecil yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pola makan yang tepat dan lemak juga dibutuhkan untuk memberi energi (kalori) pada tubuh.

Memilih makanan yang mengandung lemak Omega-3 dibandingkan Omega-6 akan lebih baik sehingga dapat membatu Anda memberikan tubuh nutrisi yang cukup dan memberikan energi. Lemak Omega 3 dapat ditemui pada kacang almon, ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun. 

Vitamin dan Mineral

Vitamins dan mineral dapat mendukung pertumbuhan, dan pemeliharaan fungsi tubuh secara alami. 

Ada dua kategori vitamin yaitu larut dalam air dan larut dalam lemak, untuk kategori larut dalam air tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi terlalu banyak, dan jika mengonsumsi terlalu banyak tubuh akan membuangnya.

Vitamin tidak menghasilkan energi (kalori) dan bisa hilang selama penyimpanan dan proses pengolahan. 

Sementara untuk vitamin yang larut dalam lemak antara lain Vitamin A, D, E dan K.

Dalam proses penyerapan tubuh membutuhkan lemak dalam jumah kecil, kandungan vitamin ini tidak hilang selama proses pengolahan dan penyimpanan.

Dana Ryan mengungkapkan beberapa tips yang dapat membantu menjaga asupan nutrisi yang berkualitas selama bulan Ramadan:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.
2. Memastikan untuk terhidrasi yang cukup.
3. Mengonsumsi protein yang cukup
4. Fokus pada mikronutrisi, untuk membantu tubuh dapat mengatur semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.
5. Menjaga tubuh tetap aktif, akan membantu meningkatkan energi dan membantu kesehatan mental, dengan menggabungkan gerakan dengan nutrisi yang baik bekerja sama. (Nik/Ol-09)
 

Baca Juga

Ist

Para Guru Harus Arahkan Anak Didik Cara Gunakan Teknologi Digital Secara Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 05:49 WIB
Muhajir Sulthonul Aziz, S.Kom, M.I.Kom, mengatakan bahwa tugas sebagai tenaga pendidik, mampu untuk mengarahkan anak didik untuk bijak...
Ist

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Bermedia Digital dengan Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 00:01 WIB
Dr. Meithiana Indrasari, S.T., MM, mengtaakan di dalam dunia digital, digitalisasi budaya dalam jati diri kita dalam ruang digital tidak...
MI/SUSANTO

Jemaah Bersiap Melaksanakan Puncak Ibadah Haji Kamis Pagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:30 WIB
Perjalanan haji dimulai dari maktab atau hotel jemaah tinggal, sudah mandi, berpakaian ihram dan niat haji kemudian diberangkatkan mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya