Selasa 12 April 2022, 16:32 WIB

Jamu Ditetapkan sebagai Nominasi Warisan Budaya tak Benda Dunia UNESCO

Mediaindonesia.com | Humaniora
Jamu Ditetapkan sebagai Nominasi Warisan Budaya tak Benda Dunia UNESCO

DOK Pribadi.
Pengajuan nominasi budaya sehat jamu telah dilakukan sesuai dengan standar dan kaidah yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

 

BERDASARKAN Pengumuman Direktur Pelindungan Kebudayaan tentang Hasil Seleksi Usulan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke UNESCO pada 7 April 2022 menyebutkan bahwa budaya sehat jamu bersama dengan beberapa nominasi lain (tenun, tempe, dan reog ponorogo) telah diusulkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO dari Indonesia. Namun dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi pandemi yang tengah dialami dunia saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kesempatan kepada budaya sehat jamu untuk diajukan pada 2022.

Penunjukan itu sejalan dengan yang selama ini ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan. Ia selalu mengatakan jamu merupakan warisan budaya yang membantunya menjaga daya tahan tubuh.

Erwin J Skripsiadi selaku peneliti mewakili Ketua Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu menjelaskan bahwa pengajuan nominasi budaya sehat jamu telah dilakukan sesuai dengan standar dan kaidah yang telah ditetapkan oleh UNESCO. "Proses riset dilakukan oleh tim riset Jamupedia, lembaga riset dan pengarsipan budaya sehat jamu, di bawah bimbingan konsultan ahli Gaura Mancacaritadipura sejak Juni 2021. Riset melibatkan ratusan pelaku langsung budaya sehat jamu, mulai dari para perajin jamu, penjual jamu gendong, hingga konsumen jamu yang ada di empat provinsi di Indonesia. Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan DKI Jakarta," jelas Erwin dalam keterangan resmi, Selasa (12/4).   

Seperti budaya Indonesia yang lain, jamu merupakan warisan budaya yang harus kita jaga kelestariannya. Jamu terbukti secara historis sebagai pengetahuan asli bangsa Indonesia yang telah digunakan selama ribuan tahun dari generasi ke generasi. Budaya sehat jamu merupakan suatu praktik menjaga kesehatan yang bersifat preventif sekaligus promotif. Jamu merupakan buah perjalanan sejarah peradaban masyarakat yang tidak dapat dilepaskan dari tali-temali kebudayaan Nusantara.

"Pengajuan jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia ke UNESCO akan membuat budaya sehat jamu semakin dikenal di ranah internasional. Semoga budaya sehat jamu menjadi kearifan lokal sejak zaman nenek moyang kita turut memberikan sumbangsih untuk menyehatkan dunia yang saat ini sedang sakit. Ini saatnya jamu menjamu dunia," ujar Gaura Mancacaritadipura, konsultan penelitian dan penulis dokumen ICH 02 nominasi budaya sehat jamu. Seluruh pelaku budaya sehat jamu mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terutama Mendikbud Nadiem Makarim, yang memberikan kesempatan untuk menyusun dan menominasikan Budaya Sehat Jamu ke UNESCO pada 2022. (OL-14)

Baca Juga

Ist

 Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Sebagai test publisher, Faxtor Indonesia terus berfokus dalam pengembangan alat ukur psikologi dengan tetap menjaga integritas...
Freepik

Aktivitas di Media Digital Perlu Kedepankan Etika

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Segala aktivitas digital dan menggunakan media digital memerlukan etika...
dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya