Kamis 31 Maret 2022, 09:30 WIB

Menelisik Hanbok Lewat Film Korea

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Menelisik Hanbok Lewat Film Korea

Mi/Dok KCCI
Pengunjung mencoba hanbok dalam acara Cerita Hanbok dalam Film Korea yang digelar KCCI.

 

DALAM rangka membantu pemahaman yang benar tentang salah satu budaya asli Korea, Hanbok, serta memperkenalkan Hanbok melalui konten budaya Hallyu, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) kembali menggagas acara seputar Hanbok bertajuk Weekly Hanbok, yang diadakan secara daring dan luring pada Maret 2022. 

Weekly Hanbok hadir secara daring setiap minggunya melalui platform Youtube dan Instagram KCCI, dengan menyuguhkan video konten Hanbok bersumber dari Ministry of Foreign Affairs Korea. 

Rangkaian acara itu kemudian ditutup dengan acara luring yang bertempat di KCCI, Jakarta, Rabu (30/3) dengan judul Cerita Hanbok dalam Film Korea. Acara ini salah satunya bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai Hanbok.

Baca juga: Rayakan Jeongwol Daeboreum, KCCI Perkenalkan Budaya Tradisional Korea

Sebagai pakaian tradisional Korea yang telah dipakai orang Korea sejak lama, Hanbok menyimpan pemikiran dan rasa estetika dari masyarakat Korea. KCCI menilai Hanbok mendapat perhatian masyarakat global, termasuk Indonesia seiring tumbuhnya kesadaran mengenai budaya Korea.

Acara Cerita Hanbok dalam Film Korea dimulai dengan pemaparan kebijakan Republik Korea dalam promosi Hanbok. Sesi mengenal Hanbok lebih dalam kemudian dilanjutkan dengan penjelasan asal-usul, bagian, pakem pemakaian, sampai ragam Hanbok seperti jenis mode, kain, dan aksesori pelengkap. 

Setelah itu, cuplikan adegan film ketika tokoh-tokoh mengenakan Hanbok diputar untuk lebih mendukung penjelasan dan paparan yang sudah disampaikan sebelumnya.
 
“Awalnya saya tertarik dengan Hanbok karena melihatnya dalam film. Busana Hanbok yang serba panjang juga kental akan budaya timur dan mudah diterima oleh masyarakat lokal.” ujar salah seorang peserta acara.

Dalam kesempatan yang sama, peserta juga dapat menikmati camilan tradisional Korea. Tidak ketinggalan, beragam jenis Hanbok dipamerkan dan peserta berkesempatan mencoba Hanbok secara lamgsung.

Rangkaian acara Weekly Hanbok yang ditutup dengan acara ‘Cerita Hanbok dalam Film berhasil mengakomodasi keinginan masyarakat setempat untuk mencoba pengalaman budaya Korea secara nyata. 

Ke depannya, KCCI akan terus mengadakan acara serupa untuk menyediakan berbagai budaya asli Korea bagi masyarakat Indonesia. (RO/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Presiden Instruksikan Evaluasi Kebijakan PPKM

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:46 WIB
Langkah antisipasi, sambungnya, harus segera dilakukan mengingat puncak penyebaran kasus pascalebaran diprediksi akan terjadi pada pekan...
DOK Pribadi.

Tidak Mengandung Nikotin, Vape Berisi Ramuan Herbal Raih Muri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:15 WIB
Vape buatannya mengandung empon-empon, wedang jahe, bajigur, dan wedang...
Antara

Waspadai Penyebaran Berita Bohong dan Menyesatkan di Ruang Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:59 WIB
Dampak dari hoaks sangat berpengaruh besar pada tatanan dan kestabilan di masyarakat, bahkan hoaks bisa mengancam persatuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya