Jumat 18 Maret 2022, 22:39 WIB

Vaksinasi Covid-19 Keempat Berikan Sedikit Manfaat terhadap Infeksi Omikron

Mediaindonesia.com | Humaniora
Vaksinasi Covid-19 Keempat Berikan Sedikit Manfaat terhadap Infeksi Omikron

AFP/Norberto Duarte.
Ilustrasi.

 

DOSIS keempat dari vaksin mRNA covid-19 yang ada mungkin hanya memiliki manfaat kecil untuk orang dewasa yang lebih muda dan sehat. Ini menurut studi baru Israel yang diterbitkan Rabu (16/3) di New England Journal of Medicine.

Penelitian tersebut menilai 270 petugas kesehatan di Pusat Medis Sheba di Tel Aviv yang menerima suntikan booster kedua vaksin Pfizer atau Moderna, empat bulan setelah awalnya mendapatkan tiga suntikan Pfizer. Masing-masing usia dicocokkan dengan dua peserta dalam kelompok kontrol yang hanya menerima tiga dosis Pfizer. Usia rata-rata dalam kelompok mulai dari pertengahan 50-an hingga awal 60-an.

Secara keseluruhan, suntikan keempat ditemukan aman dan menambah antibodi penetralisir penerima--yang memblokir virus korona dari menginfeksi sel--ke tingkat yang sebanding dengan tepat setelah dosis ketiga, sebelum tingkat antibodi mulai berkurang seiring waktu. Penelitian dilakukan ketika penyebaran varian omikron tersebar luas di Israel dan ditemukan bahwa dosis keempat tidak memberikan banyak perlindungan tambahan terhadap infeksi, meskipun pengurangan antibodi dari waktu ke waktu di antara orang-orang yang hanya menerima tiga suntikan.

Mereka yang mendapat suntikan keempat Pfizer memiliki 30% lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi dibandingkan mereka yang mendapat tiga dosis. Mereka yang mendapat Moderna punya 18% lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi.

Studi itu hanya melibatkan sejumlah kecil peserta dan bukan uji coba secara acak. Ini berarti kesimpulannya harus ditafsirkan dengan hati-hati. Perlindungan terhadap infeksi simtomatik sedikit lebih baik pada orang dewasa di bawah 40 tahun yang menerima suntikan keempat--43% untuk Pfizer dan 31% untuk Moderna--dibandingkan dengan orang yang menerima tiga suntikan.

Penulis penelitian, yang dipimpin oleh Gili Regev-Yochay, menyatakan bahwa penelitian mereka tampaknya menunjukkan keuntungan dari tiga dosis vaksin yang dirancang untuk melawan jenis asli virus korona telah mencapai batas dalam hal respons kekebalan. Penguat tambahan hanya memulihkan kekebalan yang berkurang daripada membawanya ke ketinggian baru.

"Selanjutnya, kami mengamati kemanjuran vaksin yang rendah terhadap infeksi pada petugas kesehatan serta viral load yang relatif tinggi menunjukkan bahwa mereka yang terinfeksi menular. Jadi, vaksinasi keempat dari petugas kesehatan muda yang sehat mungkin hanya memiliki manfaat kecil," tuturnya.

Baca juga: Kurang 2% Bayi Terinfeksi yang Lahir dari Ibu dengan Covid-19

Pakar luar mengatakan temuan itu menunjukkan perlunya mengembangkan vaksin baru. "Jika omikron terus beredar dan kami masih menggunakan vaksin covid-19 generasi pertama saat ini untuk melawannya, saya setuju dengan penulis bahwa manfaatnya bagi orang yang lebih muda dan sehat akan sedikit," kata Julian Tang, ahli virologi klinis di Universitas Leicester.

"Penguat dosis keempat apa pun akan lebih bermanfaat bagi kelompok yang lebih tua dan lebih rentan (misalnya mereka yang memiliki penyakit penyerta)," lanjutnya. "Idealnya, kita membutuhkan vaksin covid-19 baru yang dirancang khusus untuk melawan omikron jika ingin meningkatkan perlindungan ini bagi mereka yang paling rentan-- dengan cara yang sama seperti kami memperbarui vaksin flu musiman setiap tahun--untuk memastikan kecocokan terbaik melawan strain virus korona yang beredar saat ini. (AFP/OL-14)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

82,59% Remaja Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:42 WIB
Sebanyak 25.520.583 remaja telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 95,56 persen dari...
Ist

Rumah Sakit Premier Jatinegara Raih The Best Indonesia Hospital of The Year

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:12 WIB
Pada acara bertaraf internasional ini RS Premier Jatinegara berhasil meraih penghargaan dari Global Health Asia-Pacific Award 2022 kategori...
DOK MI.

Kapan Mulai Puasa Ayyamul Bidh 2022? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:26 WIB
Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunah yang dijalankan setiap pertengahan bulan. Untuk Agustus jadwal puasa ayyamul bidh sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya