Selasa 15 Maret 2022, 14:44 WIB

Logo Halal Diganti, Kemenag: Stok Kemasan Lama Dihabiskan Dulu

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Logo Halal Diganti, Kemenag: Stok Kemasan Lama Dihabiskan Dulu

Antara
Warga menunjukkan logo halal versi lama di mie instan impor dengan latar belakang logo halal terbaru.

 

BADAN Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) memberi kesempatan kepada pelaku usaha untuk menghabiskan stok kemasan yang masih mencantumkan logo halal versi lama.

"Ketika sertifikat sudah keluar, logo baru ini yang digunakan. Lalu, bagaimana logo halal sebelumnya? Masih diberi kesempatan untuk menghabiskan stoknya," jelas Kepala BPJPH Kemenag Muhammad Aqil Irham dalam seminar virtual, Selasa (15/3).

Adapun masa sertifikasi halal MUI berlaku dua tahun. Jika sudah habis masa berlakunya, produsen harus mendaftar ulang ke BPJPH, untuk kemudian menggunakan label halal terbaru.

Baca juga: Polemik Logo Baru Halal dan Peran BPJPH, Dekan Syariah dan Hukum UIN Jakarta Sorot Soal Ini

Namun, apabila sertifikasi sudah habis dan stok kemasan masih banyak, BPJPH mempersilakan pelaku usaha menghabiskan stok kemasan lama. Dengan catatan, batas maksimal sampai masa peralihan selesai atau 2026.

"Disebutkan bahwa logo halal yang sudah ditetapkan sebelum Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH, diedarkan sampai berlaku 5 tahun (2026)," imbuh Irham.

Baca juga: MUI: Sertifikasi Halal Tidak Bisa Ditetapkan Kemenag

Pihaknya meyakini label halal akan serentak digunakan produsen di seluruh Indonesia pada 2024. Diketahui, perubahan logo halal karena adanya perpindahan wewenang dari sertifikasi halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) ke BPJPH Kemenag.

Terkait perubahan logo halal sudah tertuang dalam Pasal 37 Undang-undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dan PP Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH.(OL-11)

Baca Juga

medcom.id

Penyebab Kifosis Berdasar Jenis, Apa Bisa Disembuhkan?

👤Mesakh Ananta DachiĀ  🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:55 WIB
Kifosis adalah sebuah kelainan pada lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian atas terlihat membungkuk atau bengkok melebihi...
MI/HO-komunitas kebaya Indonesia

Kolaborasi Menjaga Kebaya Di ASEAN

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:25 WIB
DISELA-sela  Workshop lima negara ASEAN yang sedang menyusun naskah bersama untuk pengajuan kebaya ke UNESCO pada 7 -8 Februari,...
dok.ist

TGS Sumut Gandeng Majelis Taklim, Doakan Penyintas Gempa Turki - Suriah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:19 WIB
RELAWAN Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut menggelar salat gaib, doa, dan zikir bersama jemaah Majelis Taklim Zikir Al-Hasanah untuk para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya