Kamis 10 Maret 2022, 21:30 WIB

Faktor Ini Jadi Penentu Pandemi Berubah Status Menjadi Endemi 

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Faktor Ini Jadi Penentu Pandemi Berubah Status Menjadi Endemi 

freepik.com
Ilustrasi pandemi

 

PENGURUS Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) Iqbal Mochtar menjelaskan, status yang mempengaruhi pandemi berubah menjadi endemi adalah status imunitas, intervensi, faktor lingkungan, dan interaksi virus. Endemi merupakan kasus penyakit yang lebih terkontrol pada beberapa daerah. 

Status imunitas harus dimiliki mayoritas kelompok dan diberikan secara vaksinasi dan kekuatan imunitasnya pun panjang. Kemudian intervensi yang dilakukan dari vaksinasi bisa cukup mengontrol menjadi endemi. 

"Kemudian faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi faktor endemi seperti musim, contohnya di Eropa bila terjadi winter maka statusnya naik lagi," kata Iqbal dalam dialog daring, Kamis (10/3). 

Selanjutnya yakni interaksi virus itu sendiri, terkait virus yang sering bermutasi dan cara pemerintah menghadapi varian baru yang bermutasi tersebut. 

Dalam menghadapi endemi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berpesan harus fokus pada prevention, preparedness, public healt, political leadership, dan people involvement. Transisi dari pandemi menuju endemi terjadi yoyo fenomenon. 

Baca juga : Pelaku Perjalanan Domestik Tak Wajib Test, Testing PCR Turun

Transisi pandemi menuju endemi berawal dari pandemic response kemudian transisi, recovery, kemudian muncul gelombang kedua dan kembali lagi ke pandemic response kemudian terus berulang. 

"Kalau vaksin secara teoritis sudah diberikan kepada majoririty poppulation barulah kemungkinan kita masuk end game atay endemi," ujarnya. 

Sehingga, lanjut Iqbal, multifaktor yang mempengaruhi mengubah status menjadi endemi bukan hanya dari penurunan kasus. Jadi wajar setiap negara bisa berbeda-beda mendeklarasikan masuk ke fase endemi. 

"Bahwa banyak faktor yang mempengaruhi endemi, perlu benar-benar dievaluasi sebelum keputusan penetapan endemi diambil dan perlu koordinasi dengan WHO," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Tirta Medical Centre

Minat Medical Homecare Meningkat, Tirta Medical Centre Siapkan Dokter dan Perawat Profesional

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:04 WIB
Pasien dapat menunggu dengan nyaman di rumah dan tidak perlu repot berkunjung ke klinik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan....
Antara/Rahmad.

Selain Belanda dan Jepang, Indonesia Pernah Dijajah Negara Ini

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:58 WIB
Dalam fase sebelum merdeka tersebut, negara kita telah dijajah oleh beberapa negara seperti Belanda, Jepang, dan Inggris. Di bawah ini...
AFP/Mladen Antonov.

Ini Negara Asia Tenggara yang tidak Pernah Dijajah

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:45 WIB
Tahukah anda bahwa ada satu negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya