Kamis 27 Januari 2022, 19:10 WIB

Bertambah, Kasus Meninggal Karena Omikron Menjadi 3 Orang 

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Bertambah, Kasus Meninggal Karena Omikron Menjadi 3 Orang 

MI/Dwi Apriyani
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan kasus meninggal karena varian omikron bertambah menjadi 3 orang. Status vaksin pun bermacam-macam ada yang sudah divaksin booster, dosis 2 kali, dan belum divaksin. 

Pasien yang meninggal karena omikron dari fasilitas kesehatan Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat kondisinya dalam kategori berat dengan komorbid gagal jantung dan gagal ginjal akut, belum di vaksin pasien meninggal pada umur 64 tahun 

Untuk pasien yang meninggal di RS Sulianti Saroso Jakarta dalam kategori berat dengan umur 54 tahun adapun komorbid yang diderita yakni obesitas dan sudah dua kali vaksin. Pasien yang meninggal di RS Harapan Kita Jakarta dalam kategori sedang dengan umur 78 tahun dengan komorbid penyakit jantung dan sudah di vaksinasi booster. 

"Orang yang meninggal satu orang belum divaksin, kesimpulannya yuk kita cepat-cepat vaksin. Kemudian usianya rata-rata yang meninggal adalah lansia jadi perlu dipastikan bahwa kita perlu memastikan orang-orang lansia dirawat dengan baik," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (27/1). 

Baca juga : Menkes: Tingkat Keparahan Omikron Rendah, Jangan Panik

Sehingga perlu dipastikan bahwa masyarakat lansia harus mendapatkan vaksinasi dosis lengkap bahkan booster terlebih dahulu dan apabila lansia yang terpapar omikron dan memiliki komorbid maka harus dirujuk ke rumah sakit. 

Dalam beberapa pekan ke depan gelombang omikron diprediksi akan terjadi, yang perlu dipahami masyarakat adalah varian omikron memiliki ciri-ciri pemaparan yang sangat tinggi dan cepat. 

"Sehingga masyarakat tidak perlu kaget, ciri-ciri lainnya adalah tingkat keparahannya rendah dan angka meninggalnya pun rendah dibandingkan varian lainnya," ungkapnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Satgas Sebut Tidak Terjadi Lonjakan Kasus Usai Libur Lebaran

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:44 WIB
Wiku menyebut kondisi tersebut menujukkan kasus covid-19 dapat terkendali di tengah...
Dok. handout Youtube Satgas Covid-19

Indonesia Siap Gelar Pertemuan Internasional Penanggulangan Risiko Bencana

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:26 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, GPDRR merupakan pertemuan internasional terkait...
Dok. Kemenkominfo

Siapkan SDM Digital Unggul Berdaya Saing, Kemenkominfo Sediakan Pelatihan dan Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:21 WIB
“Melalui pendidikan non-formal, berupa pelatihan pada tiga level keterampilan digital yakni Basic Digital Skill, Intermediate...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya