Selasa 18 Januari 2022, 08:17 WIB

Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Covid-19, Kemendagri Terbitkan Dua Aturan Baru

Indriyani Astuti | Humaniora
Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Covid-19, Kemendagri Terbitkan Dua Aturan Baru

AFP/ ADEK BERRY
Seorang pekerja berada di depan sebuah fasilitas pengujian covid-19 di Jakarta.

 

PASCALIBUR Natal dan Tahun Baru, kasus harian covid-19 varian Omikron di Indonesia dilaporkan terus meningkat.

Menyikapi kondisi tersebut, Kementerian Dalam Negeri menerbitkan 2 Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yakni Inmendagri Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Desease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali serta Inmendagri Nomor 04 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA mengatakan ada perubahan yang diatur dalam Inmendagri untuk meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan pemerintah daerah terhadap potensi peningkatan kasus penularan covid -19, terutama varian Omikron.

Baca juga: Kasus Omnikron Naik, Nadiem Sebut SKB 4 Menteri Sudah Permanen

“Dua Inmendagri ini merupakan panduan bagi daerah untuk lebih tanggap dan waspada serta melakukan langkah antisipasi yang ditindaklanjuti dengan kebijakan di daerah, sehingga respon daerah untuk menekan jumlah kasus terpapar dapat dilakukan lebih terukur”, kata Safrizal, Selasa (18/1).

Beberapa perubahan yakni level Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah, dan beberapa tempat untuk wilayah Jawa dan Bali seperti hotel, supermarket, bioskop, fasilitas olahraga dan kebugaran pada semua level, hanya masyarakat dengan kategori hijau atau sudah mendapatkan vaksinasi lengkap yang boleh masuk.

" Hanya kategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk, namun terdapat pengecualian bagi masyarakat yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan," ujar Safrizal.

Selain itu, Safrizal mengatakan ada perubahan masa berlaku PPKM di Jawa- Bali yakni mulai dari 18 Januari sampai dengan 24 Januari 2022. Adapun untuk wilayah luar Jawa dan Bali, berlaku selama 2 Minggu dari yakni mulai 18 Januari sampai 31 Januari 2022. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya