Minggu 02 Januari 2022, 17:50 WIB

Kemenag Segera Evaluasi Jemaah Umrah Berangkat tidak sesuai Kesepakatan

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemenag Segera Evaluasi Jemaah Umrah Berangkat tidak sesuai Kesepakatan

AFP.
Barisan jemaah salat di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi, pada 30 Desember 2021.

 

KEMENTERIAN Agama akan mengevaluasi perjalanan ibadah umrah yang dilaksanakan oleh perwakilan asosiasi Panitia Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU). Salah satu evaluasinya terkait dengan pemberangkatan 84 orang dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (Amphuri) yang berjalan tidak sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dan asosiasi PPIU.

"Sesuai rencana setelah 2 Januari 2022, kami akan melakukan evaluasi," ujar Nur Arifin, Direktur Bina Haji Umrah Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (2/1). Sebelumnya, Kemenag memberikan surat teguran kepada Amphuri. 

Kementerian Agama menyayangkan keberangkatan uji coba umrah pada 30 Desember 2021. Hal ini menjadi preseden buruk bagi asosiasi atau pelaku usaha lain yang memberangkatkan ibadah umrah dengan mengabaikan imbauan Presiden dan arahan Menteri Agama. "Kementerian Agama menyatakan kekecewaan atas pelanggaran terhadap kebijakan dan hasil kesepakatan antara Pemerintah RI dengan para asosiasi PPIU," isi dalam surat teguran yang dikutip Media Indonesia.

Selain itu, dalam surat teguran itu pula, Kementerian Agama hanya menyetujui permohonan keberangkatan ibadah umrah oleh tim advance yang telah berangkat pada 23 Desember 2021. Jika ada selain tanggal tersebut, itu di luar kebijakan Menteri Agama dan melanggar kesepakatan hasil rapat bersama. "Kementerian Agama menegur Amphuri dan meminta untuk menghormati regulasi dan kebijakan yang ditetapkan serta wajib menertibkan disiplin anggotanya," tulis surat yang ditandatangani Hilman Latief, Dirjen Penyelenggara Haji Umrah Kemenag.

Baca juga: Pimpinan Amphuri Berangkat Umrah Tidak Sesuai Kesepakatan, Kemenag Beri Teguran

Lebih lanjut, untuk mempersiapkan ibadah umrah pada 2022, Kemenag akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi diperlukan serangkaian persiapan seperti kesehatan dan administrasi. "Kami sedang koordinasi dengan berbagai pihak terkait, selain asosiasi ada dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, dan lainnya," pungkas Arifin. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO.MCH2022

Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 04:15 WIB
Sejumlah jamaah mengaku telah mengeluarkan biaya antara Rp200 juta hingga Rp300 juta agar bisa berangkat haji dengan jalur tanpa antre...
 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya