Selasa 21 Desember 2021, 17:01 WIB

Kalbis Institute Luncurkan Program Informatics in Virtual Reality

Widhoroso | Humaniora
Kalbis Institute Luncurkan Program Informatics in Virtual Reality

Ist fixabay.jpg
Kalbis Insitute meluncurkan program Bachelor of Informatics in Virtual Reality.

 

KALBIS Institute secara resmi meluncurkan program Bachelor of Informatics in Virtual Reality, Selasa (21/12). Program ini merupakan respon dari diskusi panjang yang telah dilakukan Kalbis Institute dengan beberapa industri demi menyelaraskan kurikulum sesuai kebutuhan industri.

Khusus untuk program ini, Kalbis Institute didukung Markus Santoso, Ph.D, seorang pengembang virtual reality yang juga merupakan Asisten Profesor di The University of Florida, AS. Markus Santoso akan menjadi Visiting profesor di Kalbis Institute.

“Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) adalah the next internet. Dengan market value yang diproyeksikan akan melebihi $1 trillun dalam beberapa tahun ke depan ini, teknologi VR/AR segera akan menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi dan teknologi global," jelas Markus dalam keterangan yang diterima.  

Ia mengatakan spektrum aplikasi VR/AR sangat luas mulai dari education, training, medical, military, dan lain-lain. Karena itu  tidaklah mengherankan dalam beberapa tahun belakangan ini, lowongan kerja di bidang VR/AR tumbuh sekitar 1400%.

"Mulai tahun ini, Kalbis Institute menyediakan state of the art facilities untuk mendukung pengajaran dan riset dibidang VR/AR. Pastikan anda mengamankan seat anda di Kalbis Institute agar memiliki career-ready skill sets and expertise dan menjadi pioneer dibidang VR/AR," ujar Markus.

Lebih jauh, Kalbis Institute menilai dalam beberapa waktu terakhir Virtual Reality menjadi salah satu kebutuhan yang penting di masa depan, terlebih sejak Facebook mengelurakan metaverse sebagai salah satu business model terbaru dalam dunia digital. Belum lagi melihat kebutuhan di berbagai sektor yang sangat membutuhkan virtual reality. Hal itulah yang mendorong Kalbis Institute untuk melakukan perubahan kurikulum sehingga cocok dengan kebutuhan di industri nantinya.

Dalam program Virtual Reality, Kalbis Institute mengedepankan Project Based Learning, dimana mahasiswa dituntut untuk mampu memiliki proyek akhir sehingga berpengalaman dalam pengembangan solusi kreatif untuk AR maupun VR. Selain itu program ini juga didukung dengan state of the art facilisties yaitu mahasiswa memiliki laboratorium dan hal pendukung lainnya sehingga tidak hanya memiliki kemampuan teoritis namun juga skil teknis, desain, dan skils porfesional lainnya seperti game engine programming, techology integration, dan lain sebagainya. Lulusan program study ini diharapkan mampu memiliki kemampuan untuk menjadi virtual reality developer, XR gameplay and tools, Technical 3D Artist, dan masih banyak lagi. (RO/OL-15)

Baca Juga

Antara

Itagi Kaji Vaksinasi Covid-19 untuk Balita

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:35 WIB
Kajian yang dilakukan untuk vaksinasi covid-19 pada anak cukup banyak dan pelik. Hal itu berbeda dengan kajian terhadap vaksinasi untuk...
Antara

Atasi PMK, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Darurat pada Ternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:07 WIB
Sejauh ini, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 19 provinsi tertular PMK, seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa...
ANTARA / ADITYA PRADANA PUTRA

BMKG: Selatan Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 13:25 WIB
BMKG punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkap dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya