Selasa 09 November 2021, 15:00 WIB

Kelengkapan Vaksinasi Syarat Penting Pembelajaran Tatap Muka

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kelengkapan Vaksinasi Syarat Penting Pembelajaran Tatap Muka

AFP
Ilustrasi

 

AKTIVIS Pendidikan dari Tamansiswa Ki Darmaningtyas menilai vaksinasi menjadi syarat penting dalam penyelenggaraan Pembelajaran tatap Muka (PTM). Hal itu juga mengikuti saran dari para epidemiolog.

"Semestinya pembelajaran tatap muka dimulai dari kelas yang paling tinggi (perguruan tinggi/mahasiswa) yang pesertanya sudah dewasa dan sudah divaksin semua," ucap Ki Darmaningtyas kepada Media Indonesia, Selasa (9/11).

Bagaimana dengan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? Ki Darmaningtyas mengatakan, anak-anak PAUD belum menerima vaksin karena itu sebaiknya tidak melakukan PTM dulu. "Kalau PAUD kan belum pada divaksin," sebutnya.

Pemerintah saat ini baru merilis izin penggunaan darurat vaksin CoronaVac untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Sementara, vaksinasi untuk anak usia 3 tahun ke atas masih menunggu hasil uji klinis.

Namun begitu, ia memberi pengecualian untuk sekolah PAUD di wilayah 3T (terpencil, terdepan, terluar) dan di pelosok desa. Menurutnya, PTM terbatas atau penuh sekalipun tetap bisa dilakukan di sekolah tersebut dengan syarat sekolah sudah mampu melaksanakan protokol kesehatan ketat. Hal itu guna mencegah agar penularan virus dari luar ke dalam sekolah tidak terjadi.

"Ssekolah-sekolah yang ada di pedesaan, pesisir, dan kepulauan yang jauh dari covid-19 tidak masalah dilaksanakan PTM penuh, tidak usah pakai PTM terbatas," ujarnya. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Perempuan Punya Kesempatan Duduki Posisi Tertinggi Di Dunia Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:50 WIB
PEREMPUAN memiliki potensi yang tidak kalah berkualitas dalam hal kepemimpinan, termasuk dalam dunia...
DOK Instagram @yennywahid.

Hubungan Syafii Maarif dengan Gus Dur dan Pak Harto

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:45 WIB
Yang menarik, Yenny Wahid mengungkapkan hubungan Syafii dengan Gus Dur dan Peter Gontha mengisahkan Syafii dengan Presiden kedua RI...
Antara

31,1 Juta Masyarakat Umum dan Rentan Terproteksi Booster

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:36 WIB
Sebanyak 4.559.957 lanjut usia telah terproteksi vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya