Kamis 28 Oktober 2021, 21:16 WIB

Aplikasi SILAHAP Optimalkan LHP Ditjen Diktiristek

Widhoroso | Humaniora
Aplikasi SILAHAP Optimalkan LHP Ditjen Diktiristek

Dok Diktiristek
Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani

 

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik melalui berbagai inovasi. Salah satunya melalui aplikasi SILAHAP. Dengan aplikasi ini, Ditjen Diktiristek berupaya agar proses penyelesaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dapat berjalan dengan cepat.

Aplikasi SILAHAP dibuat untuk mempermudah tindak lanjut LHP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK), yang dapat diakses oleh seluruh satuan kerja di lingkungan Ditjen Diktiristek. Berkat aplikasi ini pula, Ditjen Diktiristek meraih penghargaan Wiyata Dharma Aksata sebagai satuan kerja dengan pengelolaan tindak lanjut terbaik dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbudristek pada September lalu.

Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani, dalam keterangan yang dterima, Kamis (28/10) menyampaikan bahwa untuk meningkatkan performa Ditjen Diktiristek dalam penyelesaian LHP, pihaknya akan terus membangun sinergi dengan BPK RI dan Itjen Kemendikbudristek. Salah satunya dengan menyinergikan pengelolaan aplikasi SILAHAP dan Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) milik BPK RI.

"Terima kasih atas kerja sama yang dilakukan antara Itjen, Dikti, dan BPK. Ini merupakan agenda yang sangat bagus dalam rangka mempercepat penyelesaian LHP di lingkungan Ditjen Diktiristek," ucap Paris pada acara sosialisasi atau bimbingan teknis pengelolaan aplikasi SIPTL, pekan lalu.

Selain itu, Paris mengungkapkan bahwa Ditjen Diktiristek pun sebelumnya juga meraih juara 2 nasional pada kompetisi Hackaton yang diadakan Kementerian Keuangan dengan kategori Realisasi Anggaran. Ke depan, pihaknya berencana akan mendaftarkan SILAHAP pada kompetisi di tahun selanjutnya.

Sekretaris Itjen Kemendikbudristek Subiantoro menyampaikan apresiasi terhadap aplikasi SILAHAP yang dirancang oleh Ditjen Diktiristek. Ia mengakui bahwa aplikasi yang dibuat memang sangat membantu Ditjen Diktiristek dengan cepat dalam memproses TLHP BPK RI di lingkungan Ditjen Diktiristek.

Senada, Kepala Auditorat VI BPK RI Ida Irawati pun mengapresiasi aplikasi SILAHAP yang dibuat oleh tim Ditjen Diktiristek, karena bisa cepat menyelesaikan LHP yang harus segera diselesaikan. Selanjutnya, ia menjelaskan bagaimana standar pemeriksaan BPK yang kredibel dan akuntabel.

"Secara bertahap dan atas kerja sama antara Itjen dan Dikti kami juga melakukan percepatan penyelesaian Tindak Lanjut LHP BPK RI. SIPTL adalah aplikasi berbasis web milik BPK RI yang datanya dapat diakses entitas dan data bisa diperoleh secara real time," terangnya.

Redza Wahyudi dari Direktorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan BPK menyampaikan dalam penggunaan aplikasi SIPTL, sebelumnya semua entitas harus menyerahkan data yang berbentuk hard copy dan kemudian diantar ke kantor BPK yang mana proses persetujuan juga dilakukan secara manual. Dengan peraturan tersebut, semuanya bertransformasi pelaksanaannya.

"Yang tadinya dilakukan secara manual, sekarang berubah menjadi melalui sistem informasi. Jadi dokumen-dokumen yang tadinya di-scan, kemudian di upload di aplikasi dan dikirimkan ke BPK. Selanjutnya dari BPK juga akan memproses pengolahannya melalui aplikasi SIPTL tersebut. Jadi kami juga sudah berupaya mengurangi penggunaan secara manual," tuturnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Akses Sanitasi Layak dan Air Bersih Terus Diupayakan Wujudkan Masyarakat Tangguh

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:28 WIB
Adanya pandemi Covid-19 juga semakin menunjukkan pentingnya sanitasi, kebersihan dan akses yang memadai ke air bersih untuk mencegah dan...
MI/Susanto.

Tingkatkan Kesiapan Daerah Antisipasi Lonjakan Mobilitas Warga saat Nataru

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:16 WIB
Kombinasi antara konsistensi pengawasan dari para pemangku kepentingan di setiap daerah dan disiplin masyarakat yang tinggi dalam...
DOK Bank CTBC.

Bank CTBC Beri Donasi Rp1,5 Miliar lewat Yayasan BUMN

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:08 WIB
Itu merupakan bagian dari upaya konsisten dan wujud semangat kolaborasi antara CTBCI dan Yayasan BUMN dalam upaya menekan penyebaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya