Kamis 07 Oktober 2021, 23:42 WIB

Konsumen Kosmetik Semakin Cerdas, Toko Kosmetik Ikut Edukasi Pasar soal Keamanan Produk 

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Konsumen Kosmetik Semakin Cerdas, Toko Kosmetik Ikut Edukasi Pasar soal Keamanan Produk 

Dok. Jelita Cosmetic
Toko Jelita Cosmetic

 

PERILAKU konsumen kosmetik atau produk kecantikan berubah tiap generasi. Dulu, konsumen cenderung kurang peduli terhadap efek samping produk kecantikan yang bermasalah. Sebaliknya, sekarang kosumen lebih cerdas dan selektif. 

"Dulu, produk kecantikan yang diburu konsumen adalah asal ada whitening atau memutihkan. Tapi, sekarang konsumen generasi milenial lebih cerdas dan selektif memilih produk yang tepat. Jadi, selalu diperhatikan  apakah produk ini sudah ada izin BPOM, ingredient atau bahan-bahannya apa saja, aman atau tidak untuk kesehatan dan lainnya,” jelas Michelle Valencia, pemilik jaringan toko Jelita Cosmetic. 

Tantangan itu diakui Michelle, harus membuatnya melakukan banyak transformasi di jaringan toko miliknya yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surabaya, Jawa Timur. Michelle menegaskan, tokonya yang dirintis dari usaha keluarga pada 2005, hanya menjual kosmetik yang sudah teruji keamanan produknya dan sudah tersertifikasi BPOM. 

"Saya menggaransi produk-produk yang diual Jelita Cosmetic baik di Surabaya, Yogyakarta dan online adalah 100 asli dan berizin BPOM," kata Michelle yang kini mengelola toko Jelita Cosmetic di Jalan Kaliurang KM 5 CT III, Sleman, Yogyakarta. 

Untuk menggaet konsumen lebih luas, Michelle juga mengembangkan bisnisnya di platform e-commerce, seperti Shopee. Ia juga melakukan tinjauan (review) produk lewat media sosial yang ia kelola. 

"Review produk kecantikan saya selalu jujur. Kalau produknya jelek, saya bilang jelek, tapi kalau bagus ya bilang bagus. Jadi, saya harus mencoba langsung ke wajah saya, barulah dilakukan review. Dan upaya ini membuat followers saya makin bertambah, karena mereka menyukai apa yang saya rekomendasikan apa adanya,” papar dia. 

Baca juga : Aneka Jajanan Pasar, Sudah Coba Semua?

Saat ini Jelita Cosmetic menjual produk skincare seperti facial wash, serum, sunscreen, Mouisturizer, night cream, dan lainnya. Sedangkan produk make-up di antaranya foundation, bedak tabur, compact powder, lipstick, eye shadow, bulu mata palsu dan masih banyak lagi. 

Ada pula aksesoris kecantikan seperti, jepit bulu mata, kuas bedak, spon bedak, sisir, bandana, jepit rambut dan sebagainya. 

“Untuk brand produk yang banyak dicari konsumen adalah Wardah, Somethinc, Emina, Implora, Make Over, serta produk kekinian lainnya. Tapi, kami juga akan meluncurkan produk skincare dengan brand sendiri Jelita pada akhir tahun 2021 ini,” Michelle menguraikan penjelasannya seraya mengatakan harga produk Jelita dibanderol mulai Rp4 ribu hingga Rp300 ribu. 

Ke depan, untuk pengembangan bisnis, Michelle akan fokus menggarap pasar online karena potensi dan prospek pasarnya glowing seperti hasil produk skincare. 

“Meski pandemi Covid-19 sekarang mulai menurun kasus Covid-19, tapi masyarakat masih banyak juga yang melakukan pembelian online. Terutama, konsumen dari luar kota," tuturnya. 

Untuk itu, dia menekankan tiga strategi jitu: review produk jujur, mengembangkan toko dan edukasi pasar kecantikan. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya