Kamis 07 Oktober 2021, 22:22 WIB

Aneka Jajanan Pasar, Sudah Coba Semua?

Kevino Dwi Velrahga | Humaniora
Aneka Jajanan Pasar, Sudah Coba Semua?

MI/RAMDANI
-

 

INDONESIA selalu  mempunyai ragam kekayaan kuliner yang tak ada habisnya untuk digali dan ditelusuri. Misalnya saja beragam kue tradisional yang lebih sering kita sebut sebagai jajanan pasar.

Camilan khas yang kerap kali dijual di pasar akan selalu memiliki peminatnya sendiri. Bahkan, di era media sosial dan teknologi, jajanan pasar justru makin lestari keberadaannya. Lalu apa sebenarnya pengertian atau arti jajanan pasar? Apa saja jenis dan ragamnya?

Baca juga:  Kesehatan Warga RI Membaik, Pemerintah Buka Pintu Turis Asing

Jajanan pasar sendiri adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, terutama di pasar-pasar tradisional.

Bisa juga diartikan sebagai nama lain dari berbagai macam kue yang pada awalnya diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional dan kemudian dikemas dan dijual di tempat penjualan makanan lainnya, seperti di toko kue atau pusat jajanan.

Menurut Kevindra Prianto Soemantri, penulis kuliner asal Indonesia dalam serial Netflix, Street Food, jajanan pasar menjadi makanan tradisional tertua yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Ia telah ada sejak abad ke-18 masehi dan terus berkembang secara dinamis mengikuti arus perkembangan zaman.

Seperti halnya minuman, jajanan pasar juga memiliki ragam yang tak terbatas. Namun, sejatinya ia digolongkan dalam dua kategori: jajanan pasar basah dan jajanan pasar kering.

Ragam Jajanan Pasar Basah

Dalam buku Ragam Kudapan Jawa, Murdijati Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, mengatakan bahwa jajanan pasar basah memiliki jumlah yang lebih banyak dibanding jajanan pasar kering. 

Lebih lanjut, Murdijati juga menyebut bahwa jajanan pasar basah biasanya didominasi rasa manis dan legit yang menjadi ciri khasnya.

Berikut adalah macam-macam jajanan pasar basah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Klepon
Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat.

Apem
Apem merupakan jenis jajan pasar yang terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam. Adonan apem dibakar atau dikukus dan memilki rasa manis khas tape. Kue apem diyakini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya. Kue apem bahkan masuk dalam kekayaan budaya Jawa.

Cucur
Kue cucur termasuk jenis jajan pasar yang banyak ditemui di tempat jajanan pasar. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue ini tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi.

Serabi
Serabi termasuk kue basah yang khas di Indonesia. Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Jenis serabi lainnya yang berasal dari Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dipanggang di atas arang mirip panekuk.

Lemper
Lemper merupakan salah satu jenis jajan pasar yang populer hampir di seluruh Indonesia. Lemper merupakan camilan ketan beras dengan isi ayam atau abon, yang dibalut dengan daun pisang.

Putu
Kue putu termasuk jenis jajan pasar yang unik. Kue ini biasa dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas. Kue putu terbuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.

Ragam Jajanan Pasar Kering
Selain kudapan basah, ada juga yang disebut sebagai jajanan pasar kering. Jajanan pasar ini biasanya memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah.

Berikut beberapa aneka jajanan pasar kering:

Bakwan
Bakwan merupakan gorengan yang mungkin bisa ditemukan di mana saja. Jenis jajan pasar yang biasanya berbentuk mangkok ini terdiri dari adonan tepung berisi sayuran dengan rasa yang begitu lezat. Apalagi jika ditambahkan dengan cabai rawit atau saus sambal.

Lumpia
Lumpia merupakan jenis jajan pasar populer yang berasal dari Semarang. Lumpia adalah jajanan yang terdiri dari kulit dan isian. Gorengan satu ini biasanya memiliki isian rebung atau bihun goreng.

Pastel
Jenis jajanan pasar berikutnya adalah pastel. Pastel memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga banyak orang menyukainya. Apalagi, isi dari pastel bisa dibuat beragam. Ada yang isinya sayuran, ada pula yang diisi dengan tambahan telur atau daging. Menyantapnya dengan cabe rawit begitu nikmat.

Kembang Goyang
Dinamakan demikian karena kue asal Betawi yang berbahan dasar tepung beras serta memiliki rasa manis dan renyah ini berbentuk kembang dan cara pembuatannya harus digoyang-goyang dari cetakannya sehingga bisa mekar di dalam wajan yang berisi minyak panas. 

Rengginang
Rengginang merupukan kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. (OL-6)

Baca Juga

Dok Pribadi

Komnas Perempuan Catat Kasus Perbudakan Modern Masih Marak

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 03 Desember 2021, 11:24 WIB
17 kasus perbudakan seksual pada kurun waktu yang sama, yang sebagian besarnya dilakukan oleh suami dan anggota...
Ist

Pemanfaatan Frekuensi Radio untuk Pantau Kesehatan Pasien Kanker

👤Eni Kartinah 🕔Jumat 03 Desember 2021, 11:14 WIB
Sistem informasi “Radio Frequency Identification Device” berbasis mobile untuk meningkatkan pemantauan kesehatan pasien...
dok.Ant

Pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Tinggal 137 Orang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 03 Desember 2021, 10:40 WIB
SEMPAT melonjak naik, jumlah pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya