Kamis 30 September 2021, 21:05 WIB

Satgas Covid-19: Waspada, Masih Ada Potensi Gelombang Ketiga

Atalya Puspa | Humaniora
Satgas Covid-19: Waspada, Masih Ada Potensi Gelombang Ketiga

Antara
Pengendara melintasi mural terkait pandemi covid-19 di Petamburan, Jakarta.

 

MASYARAKAT harus mewaspadai potensi munculnya gelombang ketiga covid-19. Apalagi, saat ini pemerintah telah melakukan pelonggaran aktivitas masyarakat.

"Dengan adanya lonjakan ketiga, serta melihat kenaikan kasus setelah event atau kegiatan besar di Indonesia, kita harus waspada dan mengantisipasi lonjakan ketiga," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/9).

Pihaknya menyoroti momentum Natal dan Tahun Baru yang akan berlangsung pada akhir tahun. Hal itu juga menjadi pengingat bagi masyarakat untuk tetap berhati-hati. Belajar dari lonjakan kasus covid-19 sebelumnya, hari libur panjang kerap pemicu kenaikan kasus.

Baca juga: Vaksin Bantuan Pemerintah Italia Tiba di Tanah Air

Indonesia sempat mengalami masa berat lonjakan kasus covid-19 yang terjadi dua kali. Pertama, setelah Idulfitri 2020 yang menyebabkan kenaikan kasus hingga 383% dan bertahan selama 13 minggu. Lalu kedua, kenaikan kasus covid-19 setelah Idulfitri 2021, dengan lonjakan kasus 880% dan bertahan selama 8 minggu.

"Kenaikan lonjakan kedua ini lebih singkat dibanding lonjakan pertama. Dapat dimungkinkan karena kemampuan, kesadaran dan respons kolektif seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah semakin baik. Sehingga, lonjakan kasus dapat ditangani dengan cepat dan kasus dapat turun," papar Wiku.

Baca juga: 50,4 Juta Warga Indonesia sudah Vaksinasi Dosis Kedua

Akan tetapi, dia meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada saat beraktivitas di ruang publik. Sekalipun kurva kasus covid-19 di Indonesia tengah melandai.

"Jika pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan tidak kuat, upaya kita menurunkan kasus covid-19 menjadi tidak efektif. Pembatasan aktivitas dan mobilitas tidak bisa terus kita lakukan. Yang bisa kita lakukan adalah disiplin protokol kesehatan," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

AFP

Ketahui Perbedaan Haji dan Umrah dari Hukum, Rukun, serta Waktu Pelaksanaan

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Jumat 03 Desember 2021, 08:25 WIB
HAJI dan umrah merupakan ibadah umat islam yang memiliki kemiripan yakni sama-sama dikerjakan di Tanah Suci Mekkah dengan sengaja...
MI/Wandari Putri

Dulu Ditakuti, Kini Disegani

👤MI 🕔Jumat 03 Desember 2021, 06:20 WIB
DI teras bengkelnya, Indra memamerkan beberapa kaki palsu buatannya, termasuk kaki yang selalu ia gunakan untuk...
MI/Wandari Putri

Tumpuan Hidup di Kaki Palsu

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 06:00 WIB
TANGAN kekar bertato milik Indra Sumedi, 48, cekatan membuka laci meja pendek berwarna hitam yang ditempatkan di teras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya