Kamis 12 Januari 2023, 23:20 WIB

Karakteristik Benua Asia, Peta, Negara, dan Letak Astronomis

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Karakteristik Benua Asia, Peta, Negara, dan Letak Astronomis

peta-hd.com
Peta Benua Asia

 

BENUA Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas wilayahnya diperkirakan berkisar antara 43-44 juta kilometer persegi.

Benua Asia adalah benua terluas di permukaan bumi, karena wilayah daratan Benua Asia hampir seperempat luas dunia.

Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa satu pertiga dari daratan yang ada pada Bumi diisi oleh benua satu ini.

Baca juga: Ayo Mengenal Afrika, Benua Terbesar Ketiga di Dunia

Benua Asia sendiri umumnya dikenal sebagai benua “Timur”. Pasalnya, beberapa ahli sejarah beranggapan bahwa kata Asia diambil dari bahasa Fenisia atau Suria / Yunani Kuno yang berarti timur atau terletak di sebelah timur kerajaan bangsa Yunani.

Karakteristik Benua Asia

Sebagai benua terluas di permukaan bumi, Asia punya ciri khas yang membedakannya dengan bentang alam sejenis. Berikut karakteristik Benua Asia:

  • Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya mencapai 4,5 kali luas Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi.

  • Banyak terdapat bangunan yang merupakan keajaiban dunia, seperti Tembok Raksasa di Tiongkok, Candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, dan Ka'bah di Saudi Arabia.
  • Terdapat negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.
  • Benua Asia adalah tempat lahirnya agama-agama besar, seperti agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu
  • Terdapat pegunungan, gunung, dan dataran tinggi yang tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet.
  • Benua dengan laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan
  • Benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni dari Saudi Arabia
  • Bentang alam Benua Asia didominasi pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satunya puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

Populasi Penduduk Terbesar di Dunia

Asia adalah benua dengan populasi penduduk terbesar, menjadikannya benua terpadat di dunia. Populasi benua Asia telah meningkat menjadi 4,561 miliar orang pada tahun 2018. Asia terdiri dari beberapa negara, beberapa di antaranya memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada yang lain.

Cina, India, dan Indonesia adalah beberapa negara Asia dengan populasi terbesar, menurut statistik. Pakistan, Bangladesh, dan Jepang adalah tiga negara berikutnya, yang semuanya memiliki populasi yang cukup besar.

Letak Benua Asia

Letak benua Asia bisa dikategorikan dengan letak astronomis dan letak geografisnya.

Baca juga: Inilah 7 Benua Terluas di Permukaan Bumi

Letak Astronomis Benua Asia

Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26 derajat Bujur Timur (BT)-170 derajat BT dan 11 derajat Lintang Selatan (LS)-80 derajat LS.

Letak Geografis Benua Asia

Secara geografis, Benua Asia diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika, juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik.

Sebagian besar Benua Asia terletak di belahan bumi utara, dan sebagian kecil terletak di belahan bumi selatan.

Adapun batas-batas Benua Asia adalah sebagai berikut.

  • Utara: Samudra Arktika.
  • Timur: Samudra Pasifik, Selat Bering, dan Laut Bering.
  • Selatan: Samudra Hindia dan Australia.
  • Barat: Pegunungan Ural, Laut Merah, Laut Kelapa, Selat Bosphorus, dan Selat Dardanella.

Negara di Benua Asia

Asia sendiri sering dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah: Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Barat. 

Berikut adalah wilayah atau kawasan negara-negara di Benua Asia:

Asia Barat

Negara yang ada di Benua Asia kawasan Asia Barat adalah : Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Cyprus, Georgia, Irak, Iran, Israel, Jordan, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman

Asia Tengah

Negara-negara di kawasan Asia Tengah : Kazakhstan, Kyrgystan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan

Asia Timur

Negara yang ada di kawasan Asia Timur : China (termasuk Hong Kong, Macau, Taiwan yang diakui secara terbatas), Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Mongolia

Asia Selatan

Negara yang ada di kawasan Asia Selatan : Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maldives, Nepal, Pakistan, Sri Lanka.

Asia Utara

Negara-negara yang masuk sebagai kawasan Asia Utara adalah Rusia (wilayah Pegunungan Ural).

Asia Tenggara

Negara yang ada di kawasan Asia Tenggara : Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timur Leste, Vietnam.

Baca juga: Mari Lebih Mengenal Benua Eropa

Iklim Benua Asia

Beberapa tempat di Benua Asia memiliki iklim yang beragam. Antara lain iklim dingin, kontinental, subtropis basah, tropis basah, dan gurun.

Iklim tropis basah

Iklim tropis basah berlaku di sebagian besar Asia Selatan dan Tenggara. Curah hujan di daerah dengan lingkungan tropis lembab berkisar antara 1.000 hingga 2.000 mm per tahun. Angin muson, yang juga membawa dua musim yaitu kemarau dan hujan bertanggung jawab atas lingkungan tropis yang lembab.

Iklim dingin

Wilayah utara benua Asia, khususnya wilayah Siberia, memiliki cuaca yang dingin. Iklim benua subarktik atau Arktik berlaku di wilayah tersebut. Suatu lokasi mungkin mengalami musim panas yang lebih pendek.

Iklim kontinental

Cina Barat Laut dan Asia Tengah keduanya memiliki iklim darat, terkadang dikenal sebagai iklim kontinental. Gurun Gobi kering yang terletak di China ini merupakan wilayah di benua Asia kawasan Asia Timur.

Iklim subtropis basah

Iklim subtropis yang lembab mendominasi di Cina timur. Hujan adalah kejadian umum di iklim khusus ini, dan dipengaruhi oleh Samudra Pasifik dan angin munson tenggara. Wilayah ini ditemukan antara 250 lintang utara dan 350 lintang utara.

Iklim gurun

Ciri utama iklim gurun adalah kekeringan dan curah hujan tahunan yang sangat sedikit, hanya 220 hingga 250 mm. Biasanya, angin dari daerah gurun yang gersang berkontribusi pada lingkungan gurun ini. Asia Barat dan Tengah sama-sama memiliki iklim gurun.

(OL-1)

Baca Juga

Ist

Portal I-LEAD ICEL Penting sebagai Aktualisasi Demokrasi Lingkungan di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:58 WIB
KLHK terus berusaha untuk melengkapi upaya dalam proses penanganan lingkungan dengan berbasis pada scientifc sensing dan evidence...
ilustrasi

Setiap Hari, 1 sampai 2 Anak di NTB Dinikahkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:57 WIB
Terdapat kenaikan permohonan dispensasi pernikahan anak di tahun 2020 sebanyak 492 di...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Batasi Konsumsi Nasi dan Mi Penyebab Kadar Gula Darah Naik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 08:05 WIB
Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti nasi dan mi dalam jumlah berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah sehingga perlu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya