Rabu 23 Februari 2022, 19:56 WIB

Inilah 7 Benua Terluas di Permukaan Bumi

M Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Inilah 7 Benua Terluas di Permukaan Bumi

britannica.com
Benua Eropa

 

RATUSAN juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu benua yang disebut sebagai Pangea. Namun karena ada pergerakan lempeng tektonik dalam bumi, terjadi perubahan dan pergerakan lempeng sehingga mengubah bentuk benua yang tunggal.

Mengutip dari berbagai sumber, benua memiliki definisi sebagai daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi. Saat ini, terdapat 7 benua yang ada di muka bumi yakni Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Antartika, Asia dan Australia.

Identifikasi benua tak melulu hanya pada daratan, tapi juga dari pulau yang berkaitan di dekatnya. Misal, negara kepulauan Jepang dan Indonesia masuk dalam benua Asia. Sementara itu Greenland dan pulau di laut Karibia masuk ke dalam benua Amerika Utara.

Umumnya, benua terhubung satu sama lain. Beberapa pemikiran berpendapat benua Eropa dan Asia dapat menjadi satu yakni Eurasia. Namun para ahli membedakan benua berdasarkan lempeng yang ada di bawah daratan.

Berdasarkan luasnya, maka Asia menjadi benua terluas di permukaan bumi. Luas benua Asia mencapai seperempat dari seluruh daratan bumi, setara empat kali daratan benua Eropa. Benua Asia memiliki luas 44.000.000 kilometer persegi dengan letak astronomis 26° BT - 170° BT dan 11° LS - 8-° LU.

Batas utara benua Asia adalah Samudera Artik (Laut Utara); batas selatan ialah Samudera Hindia, Laut Merah, dan Laut Timor; batas Timur ialah Samudera Pasifik; dan batas barat ialah Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural, dan Laut Kaspia.

Benua Asia dibagi menjadi 6 wilayah yang disesuaikan dengan budaya dan karakteristik masyarakatnya. Keenam wilayah tersebut yakni Asia Tengah meliputi Mongolia, Kazakhstan, Uzbekistan, Afghanistan; Asia Barat Daya meliputi Iran, Irak, Arab Saudi, Turki, Kuwait dan Yaman; Asia Timur meliputi Jepang, Korea Selatan, China dan Taiwan; Asia Selatan mencakup India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal; Asia Tenggara meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina; dan Rusia.

Sejatinya terdapat 40 negara di dalam benua Asia yang penduduknya masuk dalam wilayah terpadat di dunia seperti Tiongkok, India, dan Indonesia. Dari berbagai sumber, dikatakan sebanyak 60% penduduk dunia tinggal di benua Asia. Sebagian besar penduduk Asia tinggal di daerah pedesaan dekat dengan sungai dan wilayah pantai.

Benua terluas kedua di muka bumi ialah Afrika. Gurun Sahara merupakan gurun terbesar dan terpanas di dunia, letaknya ada di Afrika Utara. Benua Afrika juga memiliki sungai Nil sebagai sumber kehidupan dan transportasi. Sebagian besar benua Afrika terdiri dari gurun kering dan cuaca panas. Setidaknya ada 56 negara yang ada di benua Afrika, mewakili populasi 14% di dunia.

Lalu, Amerika Utara menjadi benua terluas ketiga di permukaan bumi. Wilayah benua ini terbentang dari Kepulauan Aleutian kecil sampai Tanah Genting panama di Selatan. Greenland termasuk pulau besar di Amerika Utara. Pulau terbesar di dunia, Greenland, satu-satunya tempat selain benua Antartika yang dilapisi es.

Luas wilayah Amerika Utara sepanjang 9,4 juta mil persegi. Benua Amerika Utara punya hutan tropis dan iklim yang berbeda seperti benua lain. Negara di Amerika Utara terdiri dari Kanada, Amerika Serikat, kepulauan Hawaii, dan kepulauan kecil di laut Karibia.

Baca juga: Nadiem Minta Germas BBI Aroma Maluku Tercium Lintas Benua

Benua terbesar keempat ialah Amerika Selatan yang membentang dari pantai Karibia ke perairan dingin di dekat lingakran Antartika. Pulau-pulau paling selatan di Amerika Selatan, Tierra del Fuego, berjarak kurang dari 1.120 km dari Antartika.

Benua Antartika menjadi benua terluas kelima. Benua dengan luas 5,5 juta mil ini hampir tak berpenduduk lantaran sebagian besar daratannya ditutupis lapisan es. Lalu Benua Eropa menjadi benua terluas keenam. Benua ini menempati urutan ketiga penduduk terbanyak di dunia. Eropa mewakili 7% daratan di dunia.

Luas wilayah benua Eropa lebih besar sedikit dari negara Kanada. Sebanyak 40 negara besar di dunia ada di Rusia. Benua Eropa berbatasan langsung dengan benua Asia. Perbatasan benua Eropa adalah Samudra Arktik, Laut Tengah, dan Laut Hitam.

Benua Australia menjadi dataran benua terkecil di muka bumi sekaligus menjadi dataran terkereing kedua setelah Antartika. Benua Australia mencakup ribuan pulau kecil di Pasifik Tengah dan Pasifik Selatan, namun Benua Australia hanya mencakup negara Australia. Benua Australia hanya mencakup kurang dari 8,5 juta km persegi. Populasinya sekitar 31 juta dan ia pun dinobatkan sebagai benua dengan penduduk yang paling sedikit, setelah Antartika.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya