Rabu 15 September 2021, 17:57 WIB

Ketahui Cara Terbebas dari Bahaya Rebahan di Tengah Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ketahui Cara Terbebas dari Bahaya Rebahan di Tengah Pandemi

Unsplash
Ilustrasi

 

Salah satu gaya hidup yang jadi berbahaya di tengah pandemi COVID-19 adalah "sedentary lifestyle" atau gaya hidup yang didominasi gerakan duduk dan rebahan di kasur tanpa adanya latihan tubuh.

Maka dari itu Spesialis Kedokteran Olahraga dokter Andhika Raspati membagikan kiat NEPA (non exercise physical activities) agar tubuh Anda bisa tetap fit dan tidak lagi menjalani "sedentary lifestyle" yang bisa membuat tubuh tidak bekerja dengan optimal.

"NEPA sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat antara lain seperti naik turun tangga untuk melancarkan sirkulasi darah dan membakar kalori, berjalan kaki guna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan hal sederhana lainnya," kata dokter Andhika yang merupakan bagian dari Tim Kesehatan KONI DKI Jakarta dalam keterangannya, Rabu (15/9).

NEPA akan bisa lebih efektif menjaga kondisi dan daya tahan tubuh anda jika didukung dengan latihan tubuh fisik secara rutin lewat olahraga maupun dengan asupan nutrisi yang seimbang setiap harinya.

Beberapa contoh NEPA lainnya yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari "sedentary lifestyle" di antaranya menyapu dan mengepel lantai, menggendong atau bermain dengan anak, hingga kegiatan berkebun sampai mencuci motor dan mobil.

Dengan menggerakkan tubuh lewat aktivitas yang dilakukan sehari- hari maka bisa dipastikan tubuh anda bisa berada dalam kondisi yang lebih sehat dan memiliki metabolisme yang lebih optimal.

Dalam survei daring yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Desember 2020, didapatkan hasil bahwa pandemi COVID-19 telah menurunkan kuantitas dan kualitas aktivitas olahraga masyarakat.

Dalam penelitian itu didapatkan perbandingan 1 dari tiga orang yang menjadi respon melakukan perubahan gaya hidupnya yang sebelumnya aktif menjadi tidak aktif.

Padahal gaya hidup yang aktif sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh maka dari itu agar bisa terhindar dari gaya hidup yang serba rebahan dan tak banyak gerak, mulai lakukan gerakan- gerakan sederhana sehingga tubuh bisa tetap optimal menjalankan fungsinya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

Begini Strategi Menkes Cegah Klaster Covid-19 di Sekolah 

👤Nur Aivanni 🕔Senin 27 September 2021, 20:29 WIB
"Kita tentukan di tingkat kabupaten/kota berapa jumlah sekolah yang melaksanakan tatap muka, dari situ kita ambil 10% untuk...
Antara

Kasus Covid-19 Menurun, Luhut: Justru Hati-hati

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 20:14 WIB
Angka-angka ini membuat kita tidak boleh berpuas diri, justru...
ANTARA FOTO/Fauzan

Pemerintah Perketat Pintu Masuk dari AS dan Turki

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 19:39 WIB
Covid-19 di Negara Paman Sam pada akhir Agustus, mengalami lonjakan dalam sepekan terakhir. Tercatat dalam sehari rata-rata mencapai 200...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya