Selasa 14 September 2021, 17:28 WIB

Intip Cara Iqbaal Ramadhan Mengurangi Sampah Plastik

Mediaindonesia.com | Humaniora
Intip Cara Iqbaal Ramadhan Mengurangi Sampah Plastik

Instagram @iqbaal.e
Aktor Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan

 

Aktor sekaligus mahasiswa Iqbaal Ramadhan menyadari bahwa peran masyarakat, khususnya generasi muda sangat krusial dalam menciptakan gaya hidup #KerenTanpaNyampah.

“Generasi muda sekarang, khususnya Gen-Z menurut saya sudah banyak yang mulai sadar akan pentingnya mengurangi konsumsi kemasan plastik sekali pakai, dan mereka pun sudah banyak mendengar tentang konsep Full Circular Economy,” kata dia dalam acara diskusi borsama The Body Shop, Sulasa (14/9).

Gen-Z menurutnya juga sangat bergantung kepada kepraktisan dan kemajuan teknologi dan inovasi yang akan memudahkan mereka dalam menjalankan aksi kepedulian terhadap lingkungan ini.

“Oleh karena itu, saya sangat senang dan setuju dengan hadirnya Refill Station dan program Bring Back Our Bottles 2.0 yang diusung oleh The Body Shop Indonesia. Ini mungkin yang sedang ditunggu-tunggu oleh generasi muda yang menginginkan cara-cara praktis dan ekonomis, sehingga mereka juga dapat mulai menjalankan gaya hidup yang lebih sustainable dan ramah lingkungan,” papar Iqbaal. 

Melalui Refill Station ini, The Body Shop Indonesia ingin membuat gaya hidup yang berkelanjutan menjadi sebuah pilihan yang irresistible dan menarik bagi semua orang untuk mencobanya. Refill Station dengan inovasi yang lebih modern ini hadir di toko The Body Shop Kota Kasablanka dan beberapa toko di kota lainnya pada tahun 2022. Cukup dengan mengambil botol Aluminium isi ulang berukuran 300ml, Anda akan mendapatkan harga yang sama dengan membeli botol kemasan plastik berukuran 250ml.

“Harus kita akui bahwa di waktu dan situasi tertentu, kita tidak bisa menghindar dari mengonsumsi kemasan plastik sekali pakai. Namun kita dapat menyiasatinya dengan pengetahuan dan kesadaran kita akan pentingnya sistem pengelolaan dan manajemen sampah plastik, seperti mengumpulkan dan membuang kemasan plastik sekali pakai ke recycle center yang sekarang banyak tersedia.”

Dia pun menekankan pentingnya sadder consume and manage your plastic waste responsibly. “Saya lebih memilih membeli produk second-hand terutama untuk baju, selalu berupaya membawa tumbler dan belanja membawa tas belanja sendiri. Sekarang juga sudah banyak brand menyediakan recycle box jadi kemasan plastik sekali pakai bisa kita masukkan ke sana, juga banyak inspirasi menggunakan kembali wadah kemasan plastik menjadi kegunaan lain, seperti dijadikan pot tanaman, atau kotak/wadah plastik yang bisa digunakan untuk keperluan menyimpan barang. Kita semua punya pilihan itu dan belum terlambat untuk memulai perubahan”, tambah Iqbaal. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Kasus Covid-19 Menurun, Luhut: Justru Hati-hati

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 20:14 WIB
Angka-angka ini membuat kita tidak boleh berpuas diri, justru...
ANTARA FOTO/Fauzan

Pemerintah Perketat Pintu Masuk dari AS dan Turki

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 19:39 WIB
Covid-19 di Negara Paman Sam pada akhir Agustus, mengalami lonjakan dalam sepekan terakhir. Tercatat dalam sehari rata-rata mencapai 200...
MI/Adam Dwi

Tempat Wisata tetap Dipenuhi Warga Meski ada Kebijakan Ganjil-genap 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 19:09 WIB
Meski tidak menyebutkan secara rinci, Luhut menyebut di beberapa tempat rekreasi seperti taman hiburan, ada peningkatan jumlah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya