Kamis 19 Agustus 2021, 20:06 WIB

Dukung PTM, PGRI Minta Segera Tuntaskan Vaksinasi Siswa dan Guru

Faustinus Nua | Humaniora
Dukung PTM, PGRI Minta Segera Tuntaskan Vaksinasi Siswa dan Guru

Antara/Muhamamd Iqbal
Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar

 

PERSATUAN Guru Republik Indonesia (PGRI) mendukung arahan Presiden Joko Widodo untuk segera menyelenggarkan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan vaksinasi siswa sebagai salah satu syaratnya. Pasalnya pendemi yang berlangsung lebih dari setahun telah berdampak parah pada sektor pendidikan.

Wakil Sekjen PGRI Dudung Abdul Qodir mengatakan, seluruh siswa memang harus divaksin. Begitu pun para guru dan tenaga pendidikan. Akan tetapi yang menjadi persoalan adalah vaksinasi anak di bawah 12 tahun atau usia PAUD atau TK dan SD.

"Kami sepakat dengan Pak Presiden Ir. H. Joko Widodo bahwa seluruh siswa harus segera divaksin untuk persiapan PTM, yang menjadi persoalan baru ada vaksin bagi siswa yang usia di bawah 12 tahun. Sehingga ke depan siswa PAUD/TK dan SD pun harus dicarikan solusinya vaksin untuk anak di bawah 12 tahun," ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (19/8). 

Dudung menegaskan, arahan Presiden tersebut harus segera ditindaklanjuti. Mengingat hingga saat ini saja fakta di lapangan vaksinasi guru belum mencapai target. Vaksinasi guru dan siswa harus dipercepat, sehingga rencana PTM bisa segera berjalan.

Disamping itu, PGRI juga meminta agar vaksinasi juga harus diiringi protokol kesehatan dan kesiapan sekolah. Syarat yang sudah ditetapkan dalam SKB 4 Menteri tetap menjadi petunjuk pelaksaan PTM.

Baca juga : Singapura dan Indonesia Kerja Sama Tangani Pandemi

"Jadi tidak hanya siswa tapi guru juga harus sudah divaksin semuanya, ini salah satu syarat PTM. Tetapi harus diperhatikan persyaratan yang disiapkan oleh sekolah terkait infrastruktur dan sarana prasarana untuk PTM di era Covid-19," jelasnya.

Lantas, pemerintah daerah harus memfasiltasi, mengedukasi, mengkoordinasi, mengkomunikasi, memverifikasi, dan mengevaluasi kesiapan sekolah. Orang tua siswa juga perlu membantu sekolah dalam mengedukasi siswa, sehingga PTM bisa berjalan baik.

Dudung berharap PTM bisa bermakna, efektif dan menyenangkan, menyelamatkan kepsek, guru, tendik, dan siswa. Rakyat sehat, ekonomi bangkit, Indonesia tangguh, tumbuh dan maju. 

"PGRI mendukung Bapak Presiden RI terkait rencana PTM jika semua persyaratan sudah dipenuhi oleh sekolah, dan menyelamatkan semua pihak. Semoga ikhtiar ini sebagai upaya untuk menyelamatkan guru, tendik, dan siswa dari covid 19 serta siswa tidak mengalami learning lost dan lost generation," tandasnya.(OL-7)

Baca Juga

Ist

Ramadan Berkah dan Berbuka Puasa di Kimaya Slipi Jakarta By Harris

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Maret 2023, 14:16 WIB
Kimaya Slipi Jakarta by Harris ikut merayakan dan berpartisipasi di Bulan Suci ini dengan memberikan 2 penawaran khusus untuk...
Antara Foto/Adeng

Kecelakaan Lalu Lintas Tunggal Diminta Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 30 Maret 2023, 14:12 WIB
Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan dinilai perlu juga menjamin pengobatan pasien kecelakaan lalu lintas tunggal menggunakan...
Ist

Daewoong Ingin Tumbuh Bersama Indonesia melalui Industri Biofarmasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Maret 2023, 13:43 WIB
Pertemuan itu untuk membahas penguatan kemitraan dan kerja sama kesehatan antara Korsel dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya