Rabu 11 Agustus 2021, 21:38 WIB

Indikator Kematian Akibat Covid Penting untuk Penilaian Situasi Pandemi

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 Indikator Kematian Akibat Covid Penting untuk Penilaian Situasi Pandemi

ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA
Pihak keluarga dan kerabat menyaksikan pemakaman korban COVID-19 dari kejauhan di pemakaman khusus COVID-19 TPU Pondok Rajeg, Kab Bogor.

 

DIREKTUR Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Tjandra Yoga Aditama mengatakan indikator kematian dalam penilaian situasi pandemi saat ini.

"Kematian tentu adalah hal amat penting, karena kalau sudah meninggal tentu tidak bisa kembali lagi. Untuk berbagai penyakit di dunia maka data kematian merupakan indikator epidemiologi utama," kata Tjandra dalam keterangannya, Rabu (11/8).

Selain itu, lanjut Tjandra, angka kematian Indonesia masih tinggi, pada saat India mengalami lonjakan kasus jumlah kematiannya paling tinggi sekitar 5 ribu per hari. 

"Penduduk India 4 kali Indonesia, jadi kalau jumlah kematian kemarin (10 Agustus) adalah 2 ribu orang, maka kalau dikali 4 angkanya menjadi 8 ribu," jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Rapikan Data Kematian Covid untuk Akurasi Asessmen PPKM

Pada awal PPKM Darurat tanggal 3 Juli 2021, jumlah yang meninggal sehari adalah 491 orang, jadi angka 10 Agustus adalah 4 kali angka hari pertama awal PPKM darurat.

Tjandra menegaskan indikator angka kematian per 100 ribu penduduk per minggu merupakan salah satu variabel dalam penentuan level 2-4 yang sekarang dipakai, sesuai SK Menteri Kesehatan.

"Jadi, indikator angka kematian memang diperlukan dalam penilaian situasi epidemiologi. Kalau data yang tersedia dianggap tidak baik maka datanya yang harus diperbaiki," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

Ist/Ilustrasi/wikihow

Pilihlah Produk Penata Rambut Pria Berbahan Aman dan Menyehatkan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:54 WIB
Celebrity stylist di New York, AS, Amy Komorowski, menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak wax, pomade, serum, maupun...
AFP/Rodger Bosch.

Pfizer/BioNTech Klaim Tiga Dosis Efektif Lawan Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:52 WIB
Dalam hasil awal yang diterbitkan pada Rabu, Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka masih efektif dalam mencegah covid-19, juga...
Ilustrasi

Life Skill Anak Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:20 WIB
Life skill atau kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang siswa untuk mau dan berani menghadapi permasalahan hidup dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya