Senin 26 Juli 2021, 18:33 WIB

BOR Turun, Satgas Covid-19 Permudah Syarat Isolasi Terpusat

Andhika Prasetyo | Humaniora
BOR Turun, Satgas Covid-19 Permudah Syarat Isolasi Terpusat

MI/Andri Widiyanto
Petugas menyiapkan kamar untuk perawatan pasien covid-19 di RSDC Wisma Atlet.

 

KETUA Satgas Penanganan Covid19 Ganip Warsito mengatakan masyarakat yang terdeteksi positif covid-19 dan ingin dirujuk ke tempat isolasi terpusat, cukup menunjukkan hasil tes cepat antigen.

Sebelumnya, syarat untuk bisa dirujuk di tempat isolasi terpusat harus menunjukkan tes polymerase chain reaction (PCR). “Kalau dulu harus bawa hasil PCR. Sekarang cukup dengan rapid antigen, sudah bisa dirujuk ke tempat isolasi,” ujar Ganip dalam konferensi pers, Senin (26/7).

Baca juga: Pelacakan Kontak Erat di RI Masih Jauh dari Standar WHO

Dia pun mengimbau warga yang terpapar covid-19, khususnya dengan gejala, untuk tidak ragu atau takut diisolasi di tempat yang disiapkan pemerintah. Pasalnya, pasien akan memperoleh pengawasan intensif dari tenaga kesehatan. Sehingga, peluang untuk sembuh menjadi lebih cepat.

“Sudah disiapkan tenaga medisnya, obat-obatannya, kemudian kegiatan treatment yang bisa meningkatkan pemulihan kondisi dari terpapar (covid-19) menjadi negatif,” jelas Ganip.

Baca juga: Obat Covid-19 Impor akan Dipasok ke 12 Ribu Apotek

Lebih lanjut, dia mengungkapkan kondisi tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di tempat isolasi terpusat wilayah Jakarta. Di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, jumlah pasien yang dirawat tercatat 3.929 orang, atau hanya 47% dari kapasitas.

Adapun di RSDC Pasar Rumput, dari total kapasitas 6.000 tempat tidur, baru terisi 110 unit. "Jadi, silakan yang ingin dirujuk, tidak perlu ragu-ragu untuk masuk ke sana,” tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

Istimewa

Turunkan Angka Stunting, Kemensos Efektifkan Peran Keluarga

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:40 WIB
PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan kepada para menteri terkait untuk menurunkan angka stunting atau anak gagal tumbuh menjadi 14% pada 2024...
Antara/Sigid Kurniawan.

Munculnya Kasus Positif Covid-19 Baru Harus Diimbangi Testing dan Tracing

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:39 WIB
Menurut Lestari, informasi itu harus segera ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan dengan proaktif melakukan pelacakan yang memadai...
Antara

Raja Ampat dan Merangin Diusulkan jadi Unesco Global Geopark

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:05 WIB
INDONESIA berencana mengusulkan geopark Raja Ampat di Papua Barat dan Geopark Merangin di Jambi sebagai Unesco Global Geopark...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya