Senin 19 Juli 2021, 10:18 WIB

PUPR Siapkan Tambahan RSD Covid-19 di 7 Kota

Insi Nantika Jelita | Humaniora
PUPR Siapkan Tambahan RSD Covid-19 di 7 Kota

MI/ANDRI WIDIYANTO
Aktivitas pekerja di salah satu gedung Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta yang akan dijadikan RSD Covid-19.

 

GUNA menampung pasien covid-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan tambahan 16 bangunan yang akan dikonversi menjadi fasilitas Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 di 7 kawasan perkotaan.

Kota tersebut ialah Jakarta, Bandung, DI Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, dan Bali.

"PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit. Contohnya, Asrama Haji di Pondok Gede (Jakarta) yang terdiri dari lima gedung yang diubah menjadi RSD penanganan covid-19," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Senin (19/7).

Baca juga: Kepala BIN Cek Vaksinasi Door To Door Hingga Bagikan Bansos

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja menuturkan, selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, dan Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

PUPR menjelaskan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput memanfaatkan tiga tower yang ada dengan total 5.952 tempat tidur.

Untuk Tower 1 akan memanfaatkan 689 unit dengan total 2.067 tempat tidur, Tower 2 sebanyak 606 unit total 1.818 tempat tidur, dan Tower 3 sebanyak 689 unit total 2.067 tempat tidur.

Sementara itu, Gedung PKIA Kiara di RSCM akan memanfaatkan bangunan di lantai 3, 4, 5 dan 8, 9, 10 dengan total 394 tempat tidur.

"Penyelesaian renovasi Gedung PKIA Kiara RSCM paling lambat selesai pada tiga pekan ke depan," kata Endra.

Endra juga menerangkan, terdapat 2 fasilitas di Bali dan empat fasilitas di DI Yogyakarta yang ditargetkan dapat beroperasi mulai Senin (19/7).

"Terdapat setidaknya 3 fasilitas RS Darurat Covid-19 di Bandung yang disiapkan dan diperkirakan mulai beroperasi pada Rabu (21/7)," tutur Endra.

Sementara di Surabaya, dia menyatakan, saat ini, tengah disiapkan RS Indrapura Surabaya untuk menjadi layanan pasien covid-19 yang diperkirakan penyelesaian renovasinya rampung awal Agustus 2021.

"PUPR juga tengah menyiapkan fasilitas isolasi dan perawatan covid-19 di Semarang dan Solo Raya yang diperkirakan dapat beroperasi mulai Kamis (22/7)," tandas Endra.

Sejak pandemi, tahun lalu, terdapat beberapa RS Darurat Covid-19 yang telah disiapkan Kementerian PUPR, antara lain RS Pulau Galang Kepri, Wisma Atlet Kemayoran, Rusun Pasar Rumput, RSUD Lamongan, RS Universitas Muhammadiyah Malang, dan RS Akademik UGM Yogyakarta. (OL-1)

Baca Juga

Medcom.id

Indonesia Kecolongan Kemasukan Limbah B3 Impor

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 28 Juli 2021, 14:48 WIB
pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea Cukai sudah melarang kegiatan impor limbah B3 terutama yang terkait dengan peralatan...
Ist/KLHK

Pemerintah Siapkan Rp1,8 Triliun untuk Tangani Limbah Medis

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 28 Juli 2021, 14:39 WIB
KLHK akan mengintensifkan penanganan limbah medis beracun di Tanah Air. Setidaknya, dana sebesar Rp1,8 triliun sudah bisa disiapkan untuk...
Ist/Aston

Utamakan Prokes di Era PPKM, Aston Imperial Bekasi Hotel Siap Menyambut Tamu

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:38 WIB
Langkah langkah yang diambil dan dibuat demi kesehatan dan keselamatan standar merupakan tujuan utama untuk menciptakan lingkungan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya