Senin 19 Juli 2021, 09:20 WIB

Kepala BIN Cek Vaksinasi Door To Door Hingga Bagikan Bansos

mediaindonesi.com | Humaniora
Kepala BIN Cek Vaksinasi Door To Door Hingga Bagikan Bansos

DOK BIN
Kepala BIN Budi Gunawan menyapa seorang warga yang akan divaksin.

 

KEPALA Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Purnawiran Budi Gunawan meninjau program vaksinasi door to door di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Budi juga membagi-bagikan sembako dan vitamin secara langsung ke warga.

Budi menjelaskan, BIN ditugasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19. Sebab, pemerintah menargetkan 3 juta warga menerima vaksin per harinya.

"Bapak Presiden Joko Widodo menugaskan kepada Badan Intelijen Negara untuk turun melakukan langkah-langkah deteksi aksi dan langkah-langkah cegah dini dalam bentuk vaksinasi kepada kelompok-kelompok tertentu," ujar Budi Gunawan di Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: BIN Lanjutkan Aksi Vaksinasi dan Berikan 10.000 Paket Sembako di Enam Provinsi 

Dia menjelaskan, kelompok-kelompok tersebut adalah warga yang tinggal di daerah pemukiman padat dan para pelajar SMP-SMA. Budi juga merinci alasan kedua kelompok tersebut menjadi penerima dalam program vaksinasi yang dilakukan BIN.

"Kenapa, karena mereka adalah generasi penerus kita. Generasi muda yang harus kita selamatkan sebagai tulang punggung bangsa dan negara ke depan. Yang kedua vaksinasi door to door, kepada masyarakat padat penduduk. Kita tahu, klaster-klaster rumah tangga ini meningkat sangat tajam. Apalagi di daerah spot hitam, seperti Jawa Barat," ucapnya.

Dalam kegiatan vaksinasi hari ini, ada enam titik lokasi yang dipilih BIN. Keenam lokasi tersebut berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Riau dan Sulawesi Selatan, yang merupakan kawasan zona hitam penyebaran kasus COVID-19.

Adapun BIN menargetkan 2.000 vaksinasi di setiap titik. Sehingga, secara keseluruhan ada 12.000 warga yang menerima vaksin pada hari ini.

Bagi-bagi sembako
Selain mengadakan vaksinasi, Budi Gunawan juga melakukan kegiatan bakti sosial (baksos). Ia membagi-bagikan sembako di perumahan padat penduduk di RT 01, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung. Menurut Budi, kegiatan tersebut guna membantu masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.

Adapun paket sembako yang diberikan BIN berisikan beras, gula, Indomie, teh, susu serta bahan pokok lainnya. Kemudian, ada pula vitamin sebagai penguat daya tahan tubuh warga.

"Karena pemberlakuan PPKM Darurat sehingga mereka takut keluar rumah. Meningkatnya klaster rumah tangga, dan yang terakhir, mereka takut mendatangi kerumunan untuk menghindari penularan,” kata Budi Gunawan.

Budi menjelaskan, total sembako yang disalurkan sebanyak 10.000 paket untuk 6 provinsi. Dalam kesempatan itu, Budi Gunawan juga sempat berbincang dengan salah seorang warga yang menerima sembako.

"Ini Ibu ada sembako dari kami, semoga membantu. Apa sudah vaksin?," tanya Budi Gunawan kepada warga tersebut.

"Alhamdulilah terima kasih. Belum pak," balas warga RT 01, Ibu Anin.

Budi lantas mengimbau Ibu Anin agar ikut vaksinasi. Sebab menurutnya, tujuan vaksinasi adalah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Daftar vaksin ya nanti. Supaya Herd imunity tercapai," tutur Budi Gunawan. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/Aston

Utamakan Prokes di Era PPKM, Aston Imperial Bekasi Hotel Siap Menyambut Tamu

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:38 WIB
Langkah langkah yang diambil dan dibuat demi kesehatan dan keselamatan standar merupakan tujuan utama untuk menciptakan lingkungan yang...
ISTIMEWA

BMKG: Gempa Pacitan M5,0 Berdekatan dengan Sumber Gempa Besar 1937

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:05 WIB
Hingga pagi ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian gempa tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan...
ANTARA/ ISTIMEWA

Pascagempa Pacitan, Risma Minta Pemda Perhatikan Prediksi Bencana BMKG

👤HUMANIORA 🕔Rabu 28 Juli 2021, 11:55 WIB
Menurut hasil penelitian, Kabupaten Pacitan salah satu kawasan di garis pantai selatan Pulau Jawa yang berpotensi gempa dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya