Jumat 16 Juli 2021, 19:16 WIB

Pasien Covid-19 Gejala Sedang Sebaiknya tidak Isolasi Mandiri

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pasien Covid-19 Gejala Sedang Sebaiknya tidak Isolasi Mandiri

Antara
Ilustrasi petugas medis membawa pasien covid-19 menuju ruangan perawatan di rumah sakit.

 

PASIEN positif covid-19 dengan kategori sedang seharusnya menjalani perawatan di rumah sakit dan tidak melakukan isolasi mandiri. Hal itu ditekankan dokter spesialis paru dari Universitas Indonesia Raden Rara Diah Handayani.

Menurutnya, banyak pasien covid-19 datang ke rumah sakit dengan kategori berat. Salah satunya disebabkan kegagalan mendeteksi perubahan dari gejala ringan menjadi sedang.

Baca juga: Menkes: Kebutuhan Oksigen Naik 500%

"Banyak pasien yang menyangka hanya mengalami kondisi dengan gejala ringan. Banyak yang mengklaim OTG, padahal badan mengalami pegal-pegal atau gejala lainnya. Setiap muncul gejala, maka kita bukan OTG," ujar Diah dalam seminar virtual, Jumat (16/7).

Sebelum melakukan isolasi mandiri, lanjut dia, pasien covid-19 perlu memastikan kategori yang dialami. Apakah ringan, sedang atau berat. Pasien covid-19 dengan penyakit komorbid juga sebaiknya tidak melakukan isolasi mandiri dan segera dirawat di rumah sakit.

Lalu, khusus pasien covid-19 berusia lanjut juga harus berhati-hati. Apalagi, ketika memilih isolasi mandiri, karena pasien orang tua tergolong berisiko menjadi berat.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Petakan Kebutuhan Masyarakat Saat PPKM Darurat

Pasien covid-19 berusia lanjut berpotensi mengalami gejala pengurangan kesadaran dan demensia. Sehingga, membutuhkan perawatan yang lebih intensif di rumah sakit. Tentunya dengan memantau saturasi oksigen.

"Saat ini, banyak pasien yang membutuhkan oksigen, tapi masih di rumah. Hingga akhirnya banyak kematian di rumah," imbuh Diah. Sebetulnya, ketika pasien membutuhkan oksigen, terapi penunjang kesembuhan tidak bisa dilakukan di rumah, namun harus ke rumah sakit.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Ini Tips Jaga Keperkasaan Pria dari Dokter Boyke

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:15 WIB
Pria juga perlu melakukan olahraga rutin yakni 20-30 menit setiap hari. Olahraga yang diperlukan sifatnya kardio seperti berlari dan...
MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya