Rabu 07 Juli 2021, 15:05 WIB

Mengenal Varian Terbaru Covid-19 : Kappa, Eta, dan Lota

Zubaedah Hanum | Humaniora
Mengenal Varian Terbaru Covid-19 : Kappa, Eta, dan Lota

CDC
Ilustrasi virus korona baru.

 

BELUM reda kita mendengar varian Delta dari covid-19, WHO pada 1 Juli lalu merilis beberapa Variant of Interest (VOI) dari SARS-CoV-2 virus penyebab covid-19 yang baru. Selain Alfa, Beta, Gamma dan Delta, tiga sekuens varian baru yang ditemukan di Indonesia dan harus diwaspadai adalah Kappa, Eta, dan Lota.

Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI dalam laman Kata Data menyebutkan , Kappa (B.1617.1) ditemukan sebanyak 2 sekuens, Eta (B.1.525) sebanyak 5 sekuens, dan Lota (B.1.526) sebanyak 2 sekuens.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, varian Kappa terdeteksi di India sejak Oktober 2020. Sedangkan varian Eta tercatat WHO sudah ada di beberapa negara sejak Desember 2020. Dan untuk varian Lota catatan awal berada di Amerika sejak November 2020.

WHO mencatat bahwa ketiga varian termasuk ke dalam (VOI) artinya kategori pertama yang mengindikasikan varian memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas. Ini berbeda dengan kategori Variant of Concern (VOC) yang merupakan varian yang perlu diwaspadai.

Dengan munculnya varian covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap patuh disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

MI/John Lewar

NTT Dorong Pariwisata Sebagai Motor Pembangunan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Pemerintah daerah NTT terus menonjolkan ragam kebudayan adat dan wisata alam untuk meningkatkan pariwisata...
Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya