Kamis 17 Juni 2021, 20:44 WIB

2 Mahasiswa Universitas Pancasila Raih Beasiswa IISMA Kemendikbud

Mediaindonesia.com | Humaniora
2 Mahasiswa Universitas Pancasila Raih Beasiswa IISMA Kemendikbud

Dok. Universitas Pancasila
2 mahasiswa Universitas pancasila peraih beasiswa IISMA Kemendikbud

 

DUA mahasiswa Universitas Pancasila (UP) yakni James Ibrahim dari Fakultas Farmasi dan Elvina Lathifa dari Fakultas Ilmu Komunikasi dinyatakan lolos sebagai penerima Beasiswa Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2021 oleh Kemendikbud.

"Kami bangga karena dari sekian ribu mahasiswa yang mendaftar untuk program ini dua mahasiswa UP diterima," kata Kepala Humas UP Maharani Ardi Putri di Jakarta, Kamis.

James Ibrahim diterima pada Korean University (Korea Selatan), perguruan tinggi dengan QS- Ranking ke-69 seluruh dunia dan Elvina Lathifa diterima pada Middle East Technical University (Turki).

James merupakan mahasiswa UP yang berprestasi karena dalam berbagai kesempatan menjadi delegasi UP dalam kegiatan nasional maupun internasional seperti pada National Science Olympic for University (ON-MIPA), Program Pertukaran Pelajar di National University of Singapore (NUS), dan lain-lain.

Demikian juga Elvina, memiliki berbagai prestasi salah satunya adalah saat ini merupakan Ketua Young on Top (YOT) Jakarta sebuah komunitas anak muda yang cukup ternama bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan manusia.

Baca juga : Sinar Mas Land Berikan Bantuan Pendidikan kepada 785 Pelajar dan Pendidik

James dan Elvina mewakili UP menunjukkan daya saingnya untuk berkiprah di kancah nasional dan internasional. Keterlibatan keduanya juga diharapkan dapat menjadi pembuka jalan bagi UP untuk menjalin kerja sama akademis dengan World-Top Ranking Universities lainnya.

Penanggung jawab IISMA 2021 pada rapat koordinasi dengan Perwakilan Kantor Urusan Internasional (KUI), menyatakan bahwa hanya 98 (sembilan puluh delapan) perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mahasiswanya diterima pada program ini.

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya selama tiga semester.

Indonesia International Student Mobility Award 2021 merupakan program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia yang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:41 WIB
Pada 2021 misalnya, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, terdiri atas 182.890 pendaftar dari dari 11.920 sekolah melalui...
AAFP/Javier Torres.

Penelitian Terbaru, Kucing Besar Tertular Covid-19 dari Penjaganya

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:15 WIB
Penelitian ini muncul dalam jurnal peer-review dan akses terbuka yang disebut...
Dok. Pribadi

Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat, Libatkan Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:02 WIB
Menurutnya program ini sesuai dengan salah satu filosofi Kampus Merdeka yakni kolaborasi dan gotong royong, terutama untuk bergotong royong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya