Kamis 27 Mei 2021, 08:05 WIB

Sekolah Tatap Muka Juli 2021, Mungkinkah?

Zubaedah Hanum | Humaniora
Sekolah Tatap Muka Juli 2021, Mungkinkah?

CDC
Ilustrasi virus korona baru

 

MENJELANG akhir Mei 2021, sejumlah orangtua murid bertanya-tanya apakah pembelajaran tatap muka (PTM) jadi dilakukan pada Juli 2021 mendatang?

Terkait hal ini, setidaknya ada tiga hal yang menjadi acuan Satgas Penanganan Covid-19 dalam merekomendasikan jadi tidaknya PTM, yakni kasus covid-19, zonasi risiko dan cakupan vaksinasi guru serta tenaga pendidik.

"Pembelajaran Tatap Muka muka tahun ajaran baru pada Juli mendatang, akan mempertimbangkan kondisi dan perkembangan pandemi serta zonasi risiko di setiap daerah, serta cakupan program vaksinasi yang diberikan kepada guru dan tenaga pendidik," sebut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Rabu (26/5).

Menurut Wiku, monitoring itu menjadi tanggung jawab pemerintah dan satgas di daerah untuk dapat memastikan seluruh kondisi dalam pertimbangan tersebut terpenuhi. Dengan begitu, saat penyelenggaraan PTM, akan terlaksana dengan aman dan mencegah adanya risiko penularan di lingkungan satuan pendidikan.

Saat ini, kasus covid-19 kembali melonjak dan zonasi risiko covid-19 pun berubah dinamis, mengikuti angka kasus. Karena itu, dua indikator ini belum bisa dijadikan acuan untuk PTM.

Sementara indikator ketiga, yakni vaksinasi guru dan tenaga pendidik, kiranya bisa memberi jawaban jadi tidaknya PTM pada Juli 2021 nanti.

Vaksinasi guru dan tenaga pendidik dimulai sejak Februari 2021. Presiden Joko Widodo menargetkan pada Juni 2021, vaksinasi guru, tenaga pendidik dan kependidikan bisa tuntas, sebelum dimulainya tahun ajaran baru.

Namun, hingga Mei 2021 atau tiga bulan kemudian, menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, vaksinasi covid-19 baru dilakukan kepada 23% dari 4,5 juta guru di Indonesia.

"Informasi terakhir dari angka 4,5 juta guru yang menjadi sasaran, sekitar bulan Juli diharapkan sudah divaksinasi," ujar Mendikbudristek, pekan lalu.

Rendahnya capaian vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik yang dilakukan selama tiga bulan terakhir ini bisa menjadi salah satu tolok ukur bahwa rencana PTM pada Juli 2021 belum bisa dilakukan.

Apalagi, kasus covid-19 di Tanah Air sedang tinggi-tingginya, dijejali dengan banyak klaster baru yang terus bermunculan. (H-2)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Wamenag: Santri Abad 21 Harus Melek Literasi Digital 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:04 WIB
“Santri abad ke-21 harus memiliki keterampilan literasi digital (digital literacy), di samping literasi baca tulis, literasi...
Dok. UNJ

UNJ Gelar Sarasehan Bahas Polemik tentang Statuta Baru Pemberian Gelar Kehormatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:02 WIB
Rektor UNJ Komarudin mengatakan, setelah sempat ramai di media massa, pada kesempatan sarasehan itu, ia mengajak semua duduk bersama dalam...
Antara

Pemprov DKI Klaim Kesiapan Hadapi Hidrometeorologi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:48 WIB
BMKG memberikan peringatan bahwa bencana hidrometeorologi akan datang lebih awal di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya