Selasa 18 Mei 2021, 15:20 WIB

41 Tahun Perpusnas, Koleksi Indonesiana Dikembangkan

Ilham Pratama Putra | Humaniora
41 Tahun Perpusnas, Koleksi Indonesiana Dikembangkan

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Petugas memantau mesin Telelif yang digunakan untuk mengembalikan buku secara otomatis di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (22/3/2021).

 

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memperingati hari ulang tahunnya ke-41. Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, jika diibaratkan manusia, Perpusnas saat ini memasuki usia yang sangat matang.
 
"Untuk itu, sekarang waktunya membangun koleksi. Kita akan terus berupaya membangun koleksi termasuk pengembangan koleksi indonesiana, katalog induk nasional dan bibliografi Indonesia," kata Syarif dalam Peringatan 41 tahun Perpustakan Nasional secara daring, Senin (17/5).

Baca juga: Komnas KIPI Gali Data Risiko Kematian Vaksin AstraZeneca

Pada usia 41 tahun ini, dia ingin sumber daya yang ada di Perpusnas lebih giat lagi. Termasuk giat dalam membangun layanan kepada masyarakat. "Termasuk sarana prasarana perpustakaan berbasis koleksi umum dan khusus," sebut dia.
 
Membangun layanan menurutnya, harus diiringi dengan peningkatan di segala lini. Layanan perpusnas pun harus kian tumbuh seiring dengan majunya teknologi. "Ini mulai dikembangkan layanan online melalui laman web tematik, laman candi, film, sastra, sejarah, keraton dan sebagainya," lanjut dia.
 
Syarif juga menyebut, peringatan ini menjadi penanda lintasan bagi Perpusnas. Perpusnas ingin mengambil peran dalam membangun komunitas dengan tagline literasi untuk kesejahteraan.
 
"(Perpusnas) diharapkan memberikan manfaaat kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui berbagai praktik sosial berbasis literasi," tutupnya. (H-3)

 

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya