Selasa 11 Mei 2021, 22:37 WIB

Tak Gelar Salat Id, Ini Alasan Imam Besar Masjid Istiqlal

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tak Gelar Salat Id, Ini Alasan Imam Besar Masjid Istiqlal

Antara/Indiranto Eko Suwarso
Masjid Istiqlal

 

MASJID Istiqlal dipastikan tidak menggelar salah Idul Fitri (salat Id) secara berjamaah saat hari Raya Idul Fitri, 13 Mei nanti. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, keputusan itu berdasarkan hasil rapat pihak pengurus Masjid Istiqlal.

"Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan di dalam pertemuan rapat kami tadi, Istiqlal kita tutup. Untuk Istiqlal, tidak menyelenggarakan Idul Fitri, salat Idul Fitri," ujar Nasaruddin, Selasa (11/5).

Nasaruddin menjelaskan pertimbangan Masjid Istiqlal meniadakan salat Idul Fitri karena pandemi Covid-19 belum mereda. Jika Masjid Istiqlal menyelenggarakan salat Id besok, penularan Covid-19 rentan terjadi.

"Pertimbangannya satu, tentu saja perkembangan Covid-19 ini yang belum menunjukkan tanda-tanda yang lebih baik. Dan memang kita diberikan kesempatan untuk membuka 10 persen terakhir ya. Tetapi 10 persen dari 250 ribu itu, itu sama dengan berapa," jelas Nasaruddin.

"Itu juga pasti kita akan berjumpa di satu titik temu, misalnya di pintu tempat masuk, penitipan sandal. Kita kan di lantai 2 kan ya, Masjid Istiqlal di lantai 2. Tentu melewati lantai yang sama, pulang perginya juga sama," imbuh dia.

Ia mengungkapkan, sebelumnya pengurus Masjid Istiqlal telah membuat simulasi slat Id mengantisipasi adanya kerumunan massa. Namun, situasi terakhir pandemi Covid-19 membuat pihak Masjid Isttiqlal kembali mengambil kebijakan serupa seperti tahun lalu.

Baca juga : Warga Temanggung Dilarang Takbir Keliling

"Kemudian juga setelah kami melakukan simulasi, kira-kira mengantisipasi perkembangan yang akan terjadi, maka kami menyimpulkan bahwa Istiqlal kita seperti tahun lalu, belum dibuka untuk salat Idul Fitri," terangnya.

Ia menegaskan, pengurus Masjid Istiqlal telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta Menteri Agama Yaqut Choli Qoumas. Menurut Nasaruddin, kebijakan Masjid Istiqlal pun telah mendapatkan dukungan kedua menteri itu.

Nasaruddin mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat Idul Fitri di lingkungannya masing-masing. Menurutnya, imbauan Anies ini sesuai dengan ditiadakannya salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Kami mohon maaf kepada segenap jemaah dan saudara, Simpatisan, pecinta Masjid Istiqlal, mudah-mudahan insyaallah Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka kita akan buka untuk umum. Saya tahu sudah banyak sekali yang merindukan masjid Istiqlal yang sudah indah dan cantik seperti ini, tetapi kondisi kita tidak memungkinkan untuk membuka, terbuka, melaksanakan Idul Fitri ini," jelas dia.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal membatalkan rencana melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H secara terbatas. Keputusan itu diambil atas pertimbangan penularan  Cavid-19. (OL-7)

Baca Juga

DOK Kenari Daja

Kenari Djaja Award 2021 Bentuk Dukungan Terhadap Karya Anak Bangsa

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:40 WIB
KOMPETISI desain handle atau gagang pintu yang digelar Kenari Djaja sukses memunculkan desain-desain inovatif dari...
Antara

Menteri PPPA Puji Protes Guru dan Murid Tolak Pernikahan Anak

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Menurutnya, aksi penolakan ini menunjukkan kesadaran bahwa pernikahan anak di bawah umur tidak sepatutnya...
DOK Pribadi.

KLHK dan Le Minerale Inisiasi Standardisasi Bank Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:17 WIB
Bank Sampah Bersinar mendapatkan penghargaan sebagai Bank Sampah Terbaik se-Indonesia pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bank Sampah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya