Selasa 11 Mei 2021, 08:45 WIB

Cara Mudah Tunaikan Zakat Fitrah Melalui Baznas

mediaindonesia.com | Humaniora
Cara Mudah Tunaikan Zakat Fitrah Melalui Baznas

Ist
Baznas menetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000per jiwa.

 

TAK terasa bulan Ramadan tahun ini akan segera berakhir dalam hitungan hari. Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah saat pahala ibadah manusia dilipatgandakan oleh Allah. Selain salat dan puasa, kita wajib menunaikan ibadah yang lain, yakni zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa, baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri. 

Berdasarkan SK Ketua Baznas No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000per jiwa.

Baznas akan menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk beras kepada mustahik di seluruh Indonesia, termasuk keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19.

Zakat fitrah ditunaikan sejak awal Ramadhan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Sementara itu, penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat) paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Untuk memudahkan pembayaran zakat fitrah tanpa harus keluar rumah, Anda bisa membayar zakat fitrah di Sini. atau https://baznas.go.id/bayarzakat. (RO/OL-09)

Baca Juga

Istimewa

Jurnalisme, Senjata Terbaik Lawan Disinformasi dan Hoaks

👤Faustinus Nua 🕔Senin 06 Desember 2021, 15:10 WIB
JURNALISME adalah senjata terbaik melawan disinformasi. Cara ini mampu memastikan bahwa debat publik terhadap informasi didasarkan pada...
Istimewa

Kekerasan Gender Berbasis Online Naik Empat Kali Lipat

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 15:00 WIB
ANGKA kasus kekerasan berbasis gender di ruang online (KBGO) meningkat. Hal itu sepatutnya menjadi perhatian serius semua pihak, termasuk...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Jokowi: Indonesia Berhasil Kendalikan Covid-19, di Dunia hanya 5 Negara yang Mampu

👤Mediaindonesia 🕔Senin 06 Desember 2021, 14:50 WIB
Presiden mengatakan keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi COVID-19 menunjukkan kemampuan bangsa dalam mengubah tantangan sulit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya