Kamis 22 April 2021, 09:25 WIB

Hari Bumi, Yuk Beli Yang Baik untuk Lingkungan Berkelanjutan!

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Hari Bumi, Yuk Beli Yang Baik untuk Lingkungan Berkelanjutan!

Antara
Produk ecofriendly buatan lokal di Palu, Sulawesi Tengah.

 

YAYASAN World Wild Fund (WWF) Indonesia menyelenggarakan kampanye “Beli yang Baik” dengan tujuan mendorong perilaku konsumsi yang berkelanjutan guna mengurangi dampak negatif pada lingkungan dalam memperingati Hari Bumi 22 April dan Hari Konsumen Nasional pada 20 April lalu.

Lukas Adhyakso, COO Yayasan WWF Indonesia mengatakan Kampanye Beli Yang Baik menargetkan peningkatan kesadaran konsumen akan konsumsi ramah lingkungan serta peningkatan ketersediaan produk ramah lingkungan di tingkat ritel.

"Kami telah melakukannya dari 2015. Bersyukur pelan-pelan terjadi perubahan terhadap konsumsi ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata Lukas dalam pernyataannya.

Lukas mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukannya kini 63% responden pun tidak keberatan menggunakan barang yang sustainable.

Tahun ini, pelaksanaan Beli Yang Baik dibarengi dengan pameran produk Indonesia yang dilakukan di Kuningan City, Jakarta dari Selasa 20 April hingga 24 April 2021. Selain bisa dinikmati angsung, pameran ini pun dapat dikunjungi secara daring melalui website beliyangbaik.org

Menurutnya, saat ini dengan jumlah populasi dunia yang terus meningkat bisa memperburuk kualitas ekosistem-ekosistem penting dan menyebabkan kepunahan spesies-spesies kunci yang bbereperan krusial menjaga keberlangsungan hidup.

Dengan kampanye beli yang baik ini diharapkan masyarakat bisa lebih memilih untuk membeli sesuatu dan memikirkan dampaknya. Setidaknya ada enam pesan yang dikembangkan berdasrkan logika perjalanan yang dilalui yakni, beli yang perlu, beli yang lokal, beli yang alami, beli yang awet, beli yang ekolabel , dan mau dibawa kemana (sampahnya).

Sementara itu, Maria Asti, Duty Manager Parara mengatakan produk yang dijual pada pameran ini berasal dari dari produsen di berbagai pelosok nusantara.

"Di Expo ini nantinya bisa bertemu dengan produk lokal yanng didatangkan ke Jakarta. Ini menjai kesempatan penting karena biasanya merka sulit ditemui karena berada di daerah terpencil dengan transportasi yang susah," ucap Asti.

Yayasan WWF Indonesia adalah organisasi masyarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, dengan dukungan lebih dari 100.000 suporter.

Misi Yayasan WWF Indonesia adalah untuk menghentikan penurunan kualitas lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, melalui pelestarian keanekaragaman hayati dunia, pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang berkelanjutan, serta dukungan pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. (H-2)

 

Baca Juga

Medcom

Dokter Tengah Pelajari Reumatik Autoimun di Penyintas Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 07:15 WIB
"Beberapa jurnal melaporkan adanya pasien-pasien yang didiagnosaarthritis rheumatoid (RA) pascainfeksi covid-19. Namun, hasil...
Dok. Pribadi

Santri Dibekali Kemampuan dan Pengetahuan Digital

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 01:32 WIB
Menurutnya, inklusi keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicita-citakan di Perpres No. 114 tahun 2020 tentang...
Antara

Menkominfo Ingatkan Jangan Abai Terapkan Prokes

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:53 WIB
Tingkat kepatuhan protokol kesehatan mengalami penurunan, terutama menjaga jarak dan menghindari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya