Rabu 21 April 2021, 23:24 WIB

Kemendikbud Optimistis Skor PISA 2022 Naik

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kemendikbud Optimistis Skor PISA 2022 Naik

Dok. Zenius
Diskusi pendidikan yang digelar platform Zenius

 

DAMPAK pandemi covid 19 pada dunia pendidikan dikhawatirkan terjadinya loss learning atau penurunan kualitas pembelajaran. Segendang sepenarian hasil PISA tahun 2022 mencuatkan hal yang sama. 

Plt Direktur Pembinaan SMA Ditjen PAUD Dikdasmen Kementerian pendidian dan Kebudayaan Purwadi Sutanto mengungkapkan, berdasarkan hasil PISA 2000 hingga 2018 menunjukkan hasil belajar pendidikan siswa sekolah dasar dan menengah masih rendah. Dari hasil skor dan pemeringkatan PISA kompetensi membaca siswa 70 . 

Ia menyebutkan, masalah dasar yang mempengaruhi rendahnya hasil pendidikan di antaranya kualitas guru, infrastruktur dan tingkat kesenjangan orangtua. 

"Kita semua khawatir namun kami berharap dan berupaya PISA 2022 nanti, skor harus naik. Kendati, di masa pandemi, hampir semua negara khawatir ada penurunan kompetensi siswa.,"kata Purwadi pada webinar pendidikan yang digelar Platform Zenius di Jakarta, Rabu (21/4).

Menurutnya, kekhawatiran pada kondisi ini terjadi tidak hanya di Indonesia, juga semua negara. Hanya secara geografis Indonesia lebih besar menghadapi masalah.

Baca juga : Jubir Presiden Fadjroel Rachman Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi
 
"kita harus optimistis skor  PISA 2022 naik,”kata Purwadi.

Chief Education Officer Zenius Sabda PS mengatakan platform edukasi berbasis teknologi, memiliki misi untuk membentuk individu Indonesia yang Cerdas, Cerah, dan Asyik. Metode belajar yang Zenius terapkan berfokus pada pemahaman dasar materi dan pengembangan pola berpikir kritis. Hal ini dicapai dengan membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar yang personal, sesuai dengan tahapan belajar serta kemampuan masing-masing. 

“Ada empat kemampuan dasar yang penting dimiliki oleh seorang individu yaitu logika, kemampuan matematis dasar, membaca, dan scientific thinking,” ujar.Sabda PS.

Menurutnya Zenius berusaha untuk membuat materi-materi pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan dasar tersebut. Hal ini merupakan wujud nyata upaya Zenius dalam membentuk individu yang kompetitif atau kami menyebutnya individu yang cerdas, cerah, dan asyik.(OL-7)

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Rumah Sakit Optimistis Bisa Tangani Potensi Lonjakan Kasus Korona

👤Atalya Puspa 🕔Senin 10 Mei 2021, 12:20 WIB
Saat ini, rumah sakit sedang berproses mengaktifkan kembali fasilitas-fasilitas tambahan seperti ruang ICU, dan ruang rawat tambahan...
ANTARA/dokumentasi pribadi

KH Embay Mulya Syarief: Islam Agama Peduli Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 02:39 WIB
KH Embay Mulya Syarief mengatakan bahwa sesungguhnya Islam adalah agama yang sangat menekankan kasih sayang dan peduli...
ANTARA/SISWOWIDODO

Survei: Kuliah Daring Cukup Efektif di Masa Pandemi

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 09 Mei 2021, 19:12 WIB
Dari 1.342 mahasiswa yang menjadi responden, 53,5% di antaranya menyatakan sistem perkuliahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya