Selasa 06 April 2021, 16:48 WIB

Bandara Kertajati Siap Layani Jemaah Haji 2021

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Bandara Kertajati Siap Layani Jemaah Haji 2021

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati

 

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Jawa Barat siap melayani jemaah haji untuk tahun ini. Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid mengungkapkan, ini akan jadi pertama kali bagi bandara tersebut melayani jemaah sejak beroperasi pada 2018 lalu.

"Kertajati bandara baru dan belum melayani jemaah haji. Insyaallah, mudah-mudahan di tahun ini kita siapkan untuk menenerima (layanan) haji, khususnya di wilayah Jawa Barat," ungkap Wasid dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI secara virtual, Selasa (6/4).

Dengan keputusan tersebut, total ada enam bandara kelolaan Angkasa Pura II yang melayani jemaah haji. Lima bandara lainnya ialah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, lalu melayani penerbangan embarkasi haji melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

"Ada enam bandara. Dari 2019 ada lima, ditambah satu yaitu Kertajati yang siap layanan haji," ucap Wasid.

Baca juga: Survei: Mayoritas Warga Setuju Pembubaran HTI dan FPI

Wasid menyampaikan, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi, akan diberangkat ke Bandara Kertajati

Pihaknya menyebut, waktu perjalanan dari asram menuju bandara pun memakan waktu kurang lebih dua jam. Saat tiba di BIJB, nantinya dilakukan pengecekan boarding pass dan pasport jemaah, selanjutnya langsung menuju pesawat.

"Di tengah pandemi ini, kami harapkan dokumen kesehatan yang diisyaratkan Kerajaan Saudi dilakukan di di asrama haji. 72 jam sebelum keberangkatan ada tes PCR," ucap Wasid.

Dia juga mengatakan pihaknya siap melayani fast track perihal keimigrasian, di mana segala dokumen keberangkatan haji di periksa di bandara Indonesia, tidak perlu mengecek lagi di Saudi Arabia.

Adapun data yang dihimpun Angkasa Pura II pada 2019 ialah di tercatat 63.223 jemaah haji terbang dari Bandara Soekarno-Hatta atau sekitar 162 kloter.

Lalu di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh terdapat 12 kloter dengan 4.617, lalu Kualanamu sebanyak 22 kloter dengan 8.292 jemaah, Minangkabau sebanyak 18 kloter atau 6.222 jemaah, dan Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 kloter atau 8.049 jemaah. (OL-4)

Baca Juga

firstincare.com

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:00 WIB
Untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Cerita Bambang Brodjonegoro jadi Menristek Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:50 WIB
Bambang Brodjonegoro menceritakan sempat mengusulkan agar kementeriannya kembali menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi...
MI/Dok Kemenag RI

Arab Saudi Belum Beri Sinyal Soal Haji, Kemenag Tetap Persiapan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:10 WIB
Plt Dirjen PHU Khoirizi H Dasir menyampaikan sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat informasi dari Arab Saudi terkait...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya