Jumat 26 Maret 2021, 11:00 WIB

Teguh Ostenrik, Seniman Nyentrik Penjaga Terumbu Karang

HUMANIORA | Humaniora
Teguh Ostenrik, Seniman Nyentrik Penjaga Terumbu Karang

Dok. Metro TV
Penenggelaman Domus Coronarius Circularis

 

SUASANA pesisir pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur terlihat ramai. Selain karena wisatawan, kawasan ini juga menjadi salah satu pusat perhatian karena akan dilakukan penenggelaman instalasi seni Domus Coronarius Circularis atau rumah terumbu karang sebagai salah satu alat menjaga ekosistem laut di sana. Domus ini merupakan karya seniman kawakan Teguh Ostenrik.

Teguh Ostenrik bukanlah nama asing di dunia seni Indonesia. Beberapa karyanya telah terpajang di beberapa tempat baik dalam maupun luar negeri.

Kini sebagai salah satu upaya menjaga habitat laut ia bersama Yayasan Terumbu Rupa yang diinisiasinya rutin melakukan pemasangan Domus. "Saya mencoba melepas ego sebagai seorang seniman yang biasanya bekerja sendiri di studio. Dengan domus ini saya harus bekerja dengan banyak orang, terutama mereka anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan,” tuturnya.

Instalasi seni yang akan dipasang di kawasan konservasi Bangsring Underwater ini merupakan karya kesepuluh yang telah dilepas ke laut. Sebelumnya juga ia pernah melepas karya domusnya di berbagai tempat seperti Kepulauan Seribu, Raja Ampat hingga Wakatobi.

Di usianya yang telah menginjak 70 tahun, Teguh Ostenrik masih mau melakukan program menjaga lingkungan, bahkan tak jarang ia terjun langsung ke dasar laut guna menentukan lokasi mana yang cocok untuk penenggelaman domus.

“Tahun ini kita mengangkat tema Domus Coronarius Curcularis, itu dilihat dari keadaan yang dialami oleh negara kita. Kalau dilihat secara kasat mata corona itu bentuknya bagus seni sekali tapi ternyata mematikan,” ungkap seniman yang sering menggunakan barang bekas sebagai bahan utama pembuatan patung tersebut.

Bagaimana proses pembuatan serta penenggelaman Domus Coronarius Circularis  karya Tegus Ostenrik? Dan apa yang terjadi? Saksikan dalam film dokumenter berjudul Rumah Cinta Ikan-ikan yang tayang dalam program Melihat Indonesia pada Minggu 28 Maret 2021 pukul 08.30 WIB di Metro TV.(H-1)

 

Baca Juga

Antara

Waspada Varian Baru, Pemerintah Diminta Perketat Pintu Masuk Wisatawan Asing

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:57 WIB
Berkaca pada varian Delta, Indonesia terlambat mencegah dan mengantisipasi sehingga terjadi lonjakan kasus...
DOK YAKULT

30 Tahun Yakult Berkontribusi untuk Indonesia

👤Ihfa Firdaus 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:48 WIB
Saat ini, penjualan Yakult mencapai 7 juta botol per hari. Jumlah ini masih akan bertambah karena baru 3,5% masyarakat Indonesia yang...
Dok. KLHK

Kaum Muda Bergerak Pulihkan Lingkungan Hidup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:00 WIB
Diharapkan KLHK melibatkan kaum muda di dalam proses-proses pembuatan kebijakan yang berkaitan langsung dengan kaum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya