Senin 08 Maret 2021, 11:10 WIB

Vaksinasi Bagi PTK Bantu Percepatan Perkuliahan Tatap Muka

Humaniora | Humaniora
Vaksinasi Bagi PTK Bantu Percepatan Perkuliahan Tatap Muka

ANTARA/ Mohamad iqbal
PRAWISUDA TATAP MUKA: Petugas merapikan baju toga wisudawan sebelum acara prawisuda di Universitas Mercu Buana, Joglo, Jakarta Barat, Senin

 

VAKSINASI covid-19 akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) seluruh jenjang pendidikan secara bertahap. Pemberian vaksin mulai dari PTK pada jenjang PAUD/RA/sederajat, SD/MI/sederajat, dan SLB. Selanjutnya PTK pada jenjang SMP/MTs/sederajat, SMA/MA/sederajat, dan SMK. Tahap terakhir, akan diberikan vaksin kepada PTK pada jenjang pendidikan tinggi atau sederajat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof. Nizam mengatakan hal tersebut merujuk pada arahan Presiden Jokowi bahwa vaksinasi covid-19 nantinya akan diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat secara gratis dan bertahap, termasuk bagi mahasiswa.

Untuk saat ini vaksinasi covid-19 telah diberikan kepada mahasiswa sejak tahap 1 pemberian vaksinasi, yakni kepada mahasiswa kedokteran yang sedang menjalani praktik pendidikan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19. “Kemendikbud terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan vaksinasi bagi warga satuan pendidikan,” terang Nizam.

Terkait persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), sejak Januari 2021 pimpinan perguruan tinggi dapat mengizinkan perkuliahan tatap muka sesuai protokol kesehatan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

“SKB Empat Menteri yang telah diumumkan pada November 2020 menyebutkan bahwa pimpinan perguruan tinggi dapat mengizinkan aktivitas mahasiswa di kampus jika memenuhi protokol kesehatan dan kebijakan Dirjen Dikti,” jelas Nizam.
Kebijakan yang dimaksud tertuang pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

“Sebelum hadirnya vaksinasi nasional covid-19, pimpinan satuan pendidikan telah didorong untuk mengakselerasi pembelajaran tatap muka sesuai kondisi satuan pendidikan dan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dirjen Dikti seraya mengimbau agar tidak ada mispersepsi terkait waktunya kampus maupun sekolah dapat dibuka kembali secara terbatas.

“Dengan demikian, vaksinasi covid-19 ini dapat mengakselerasi persiapan pembelajaran tatap muka di lingkungan pendidikan tinggi. Saya berharap seluruh warga pendidikan tinggi dapat bersabar dan terus mendukung program vaksinasi ini,” pungkas Nizam.(H-1)

Baca Juga

Antara

Menteri LHK: RI Berperan Aktif dalam Agenda Pengendalian Perubahan Iklim

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:05 WIB
Komitmen Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim tertuang dalam Nationally Determined Contribution (NDC), yang mencakup target penurunan...
Antara

Moeldoko: Ojo Kesusu Lepas Masker

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 11:40 WIB
Moeldoko menyebut positivity rate di DKI Jakarta yang mencapai 13,7 persen per 27 Juni 2022 sebagai indikasi kuat bahwa pandemi Covid-19...
dok: Humas UI

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 11:40 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya