Senin 01 Maret 2021, 23:21 WIB

Usakti Kembali Gelar Wisuda Secara Daring

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Usakti Kembali Gelar Wisuda Secara Daring

DOK Usakti
Universitas Trisakti menggelar wisuda secara daring, Minggu (28/2).

 

PANDEMI Covid-19 membuat Universitas Trisakti (Usakti) kembali menggelar wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 untuk program Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana dan Diploma secara daring, Minggu (28/2). Walau demikian, hal tersebut tidak mengurangi kekhidmatan acara wisuda.

Rektor Usakti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti M.Sc.,Ph.D mengingatkan para wisudawan agar dapat cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Apalagi selama pandemi Covid-19 ini, telah terjadi less contact economic, dimana perkuliahan dan transaksi tidak dilakukan secara langsung, melainkan secara online.

"Saya berharap, kalian lulusan dan alumni kampus Trisakti, harus optimistis dan cepat bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi," jelas Ghufron.

Dalam wisuda kali ini, Usakti meluluskan 2.249 wisudawan dari sembilan fakultas. Ribuan wisudawan itu berasal dari Fakultas Hukum dengan jumlah 258 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (1.169), Fakultas Kedokteran (39), Fakultas Kedokteran Gigil (17), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (140), Fakultas Teknologi Industri (259), Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (126), Fakultas Arsitek Lanscap & Teknologi Lingkungan (72), serta Fakultas Seni Rupa dan Desain (87).

Menyinggung sistem perkuliahan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini, Ghufron mengatakan memberikan kebijakan kepada masing-masing fakultas. Namun ada beberapa fakultas yang tetap mengharuskan mahasiswa datang karena harus melakukan kuliah praktik.

"Untuk Fakultas Kedokteran Gigi misalnya. Para mahasiswa tetap harus datang ke tempat praktek karena tidak cukup dengan hanya daring. Namun hal itu tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya dengan dibatasinya jumlah mahasiswa yang praktek dan tetap menjalankan 3M," tandas Ghufron.

Ia menambahkan, sebelum Covid-19 melanda Indonesia, Usakti sudah melakukan perkuliahan secara online yaitu dengan mengembangkan metode Smart Class Room. Hal itu membuat Usakti tidak gagap lagi ketika pelaksanaan perkuliahan dengan cara online di era teknologi 4.O ini. (RO/OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Zabur Karuru

8 Korban Meninggal Dampak Gempa Malang Terima Santunan Kematian

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 12 April 2021, 09:17 WIB
Kementerian Sosial telah menyantuni santunan kematian untuk delapan orang meninggal akibat gempa 6,1 magnitudo di Kabupaten Malang dan...
MI/Andri Widiyanto

Jam Operasional Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Berubah Saat Ramadan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 09:05 WIB
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN akan menyesuaikan dengan jadwal selama Ramadan. Sedangkan untuk DKI Jakarta, khusus 13 Maret pelayanan...
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Kemenag Atur Skema Haji Jika Kuota Dibatasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Senin 12 April 2021, 08:44 WIB
Kementerian Agama optimistis penyelenggaraan Haji 2021 tetap terbuka meski dengan pembatasan kuota. Sejumlah skema jemaah yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya