Minggu 28 Februari 2021, 23:19 WIB

Olahraga Lebay Justru Berbahaya Ini Ciri-Cirinya

Mediaindonesia.com | Humaniora
Olahraga Lebay Justru Berbahaya Ini Ciri-Cirinya

ANTARA/Didik Suhartono.
Ilustrasi: Lomba lari virtual yang digelar PT Pelindo III serentak di 4 kota.

 

Olahraga secara rutin memang baik untuk kesehatan dan kebugaran, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan mendatangkan dampak sebaliknya.

dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan olahraga harus dilakukan dengan dosis yang tepat dan setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk intensitasnya.

"Setiap orang itu berbeda kalau berlebihan enggak baik atau over training. Kita kalau olahraga juga enggak bisa mengikuti kecepatan orang lain, makanya kalau saya meresepkan olahraga targetnya bukan berapa kilo tapi targetnya adalah hitungan nadi dan waktu," kata dr. Grace dalam forum "Bergerak Aktif dan Optimal".

Olahraga secara berlebihan bisa memberi dampak yang buruk pada kesehatan. Beberapa ciri dari olahraga yang berlebihan di antaranya jantung berdetak kencang meski tidak berolahraga, sering lelah, sulit berkonsentrasi, suasana hati mudah berubah dan sering cedera.

dr. Grace juga menyebutkan beberapa ciri lain dari seseorang yang berlebihan olahraga adalah gangguan menstruasi, sering tidak enak badan, berat badan turun drastis, depresi dan daya tahan tubuh yang melemah. "Badan terasa nyeri, dehidrasi, radang tendon, gangguan tidur, nafsu makan berkurang, sering flu dan gangguan jantung atau aritmia," ujar dr. Grace.

Jika mulai mengalami gejala-gejala akibat olahraga berlebihan, dr. Grace menyarankan untuk segera mengurangi frekuensi berolahraga. Selain itu, cukupi juga konsumsi makanan sehat dan air minum. "Berhenti dulu olahraganya, dijeda dulu, konsultasi, bukan berhenti total tapi dikurangi atau diganti jenis olahraganya. Terus frekuensinya dikurangi, cukupi waktu istirahat, istirahat juga bagian dari olahraga dan yang paling penting analisa dari dokter," kata mantan dokter timnas sepak bola wanita AFF itu. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Mahfud Minta Kepala Daerah Konsisten Haramkan Mudik

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 15 April 2021, 09:42 WIB
Pemerintah pusat tidak bisa bekerja sendiri melarang masyarakat untuk bepergian. Bantuan kebijakan kepala daerah diperlukan untuk membuat...
ANTARA FOTO/ David Muharmansyah

Pancasila dan Bahasa Indonesia Mata Kuliah Wajib di Universitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 09:17 WIB
Sesuai Peraturan Pemerintah No 57 tahun 2021 disebutkan mata kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia tetap menjadi mata kuliah wajib di...
Instagram @jokowi

Presiden: Penanganan Kesehatan & Pemulihan Ekonomi Harus Seimbang

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 15 April 2021, 05:29 WIB
Dua hal tersebut harus berjalan secara beriringan dan seimbang agar krisis akibat pandemi betul-betul bisa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya