Selasa 23 Februari 2021, 23:45 WIB

140 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia Aktif Selama Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
140 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia Aktif Selama Pandemi

socialbarrel.com
Ilustrasi

 

Survei Laporan Tren Digital terbaru dari Facebook menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia aktif menggunakan platform media sosial tersebut selama pandemi virus korona.

"Komunitas online tumbuh di masa pandemi," kata pimpinan Facebook Indonesia, Pieter Lydian, saat jumpa pers virtual, Selasa (23/2).

Laporan Tren Digital, survei yang dilakukan Facebook bersama YouGov, menunjukkan lebih dari 140 juta orang yang tinggal di Indonesia bergabung dengan grup yang aktif selama sebulan terakhir. Saat ini penduduk Indonesia berjumlah 267,7 juta jiwa.

Ada 95 persen responden yang mengaku memberikan dukungan, baik bantuan moral maupun kebutuhan rumah tangga, kepada anggota komunitas di dunia maya. 54 persen responden menerima dukungan moral dari teman-teman mereka di grup Facebook, sementara 55 persen memberikan dukungan moral.

Lebih dari separuh komunitas berkembang melalui platform digital. Sebanyak 67 responden mengatakan komunitas menjadi semakin penting selama pandemi Covid-19, 28 persen merasa lebih nyaman berbagi pendapat dan perasaan dengan teman-teman di komunitas mereka.

Selain komunitas, Facebook juga melihat aktivitas usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia meningkat selama pandemi.

90 persen UMKM di Indonesia terlibat dalam aktivitas yang bisa meningkatkan pendapatan mereka, menurut survei Facebook bersama Bank Dunia dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Meskipun sebagian mengaku pendapatan mereka turun saat pandemi, 77 persen pelaku bisnis merasa optimistis terhadap masa depan bisnis mereka.

Terdapat 51 persen pelaku UMKM yang menyatakan seperempat penjualan mereka terjadi di platform digital selama beberapa bulan terakhir.

Facebook meluncurkan kampanye #INDONESIAKU sepanjang tahun ini, berbagi kisah motivasi dari komunitas dan pelaku usaha di Indonesia.

Kampanye ini antara lain berisi video berseri profil tokoh yang dianggap memberi inspirasi, komik berseri dan acara siaran langsung dengan topik yang berbeda setiap bulan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

Pacu Sampah Jadi Bahan Baku Ekonomi, KLHK Lakukan E-Learning

👤mediaindoensia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 17:29 WIB
Melalui e-learning pengelolaa sampah, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan sampah di bank sampah...
Dok MI

Riset: Kelakuan Netizen Indonesia Paling Buruk Se-Asia Tenggara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 25 Februari 2021, 17:25 WIB
Skor DCI Singapura adalah 59 atau turun empat poin dari 2019. Urutan kedua ditempati oleh Malaysia dengan skor 63 dan berada di peringkat...
MI/Pius Erlangga.

Perpanjangan Waktu Pendaftaran SNMPTN 2021 Resmi Ditutup

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 25 Februari 2021, 17:06 WIB
Untuk registrasi akun tahap II bagi siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN masih berjalan dan akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya