Selasa 23 Februari 2021, 14:10 WIB

Mendadak Ganti Dua Wakil Rektor, Rektor UIN Jakarta Buka Suara

Faustinus Nua | Humaniora
Mendadak Ganti Dua Wakil Rektor, Rektor UIN Jakarta Buka Suara

Antara
Rektor UIN Jakarta Amany Lubis.

 

UNIVERSITAS Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan pergantian dua Wakil Rektor untuk masa jabatan 2019-2023. Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mengatakan keputusan itu diambil untuk mengakselerasi pelaksanaan program kerja bidang kemahasiswaan, kerjasama, dan pengembangan kelembagaan sesuai visi dan misi Universitas di tengah tantangan dunia perguruan tinggi yang makin kompleks.

"Bahwa untuk menjamin tercapainya visi dan misi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta perlu adanya kerja sama yang baik antara pejabat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan melakukan lompatan dalam kinerja dan pembenahan terhadap permasalahan yang ada, terutama di bidang kemahasiswaan dan kerja sama," ungkap Rektor dalam keterangan resmi, Selasa (23/2).

Ia menyebutkan, salah satu agenda transformasi UNI di tahun 2021 adalah mempersiapkan diri untuk berubah status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Sebelumnya pada Kamis (18/2), Rektor UIN Jakarta memberhentikan dua wakil rektor yaitu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Prof Dr Masri Mansoer MAg  dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Jakarta Prof Dr Andi M Faisal Bakti MA. Keduanya dikembalikan sebagai guru besar di fakultas masing-masing.

Profesor Masri merupakan Guru Besar Sosiologi Agama di Fakultas Ushuluddin, sedangkan Profesor Andi merupakan Guru Besar Ilmu Komunikasi di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya, Rektor Amany Lubis menunjuk dan melantik pengganti mereka pada Jumat (19/2). Kedua Wakil Rektor pengganti itu adalah Dr Arief Subhan MAg sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Prof Dr Lily Surraya Eka Putri, MEnvStud sebagai Wakil Rektor Kerjasama.

Rektor Amany Lubis mengatakan pergantian kedua wakil rektor merupakan hal yang lazim dalam sebuah organisasi publik guna memaksimalkan upaya pengembangan organisasi tersebut.  

Kepada Media Indonesia, Kordinator UIN Watch Sultan Rivandi menjawab pergantian kedua wakil rektor itu tendensius sebab keduanya, yakni Prof Dr Masri Mansoer dan Prof Andi M Faisal Bakti menjadi saksi atas pelaporan pelanggaran pidana terhadap pembangunan asrama di lingkungan UIN Jakarta.

"Pemecatan yang dilakukan hanya dengan pertimbangan sudah tidak dapat bekerja sama. Alasan yang sangat tidak logis kecuali ada pelanggaran korupsi, atau penyalahgunaan wewenang. Tindakan yang sangat tidak elok dilakukan Rektor UIN Jakarta," kata Sultan Rivandi. (Bay/H-2)

Baca Juga

Dok Selvi Handayani

Keluguan Mereka Jadi Pemicu Semangat

👤Selvi Handayani, Guru SDN 006 Tanah Grogot, Paser, Kaltim, Fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation 🕔Selasa 02 Maret 2021, 11:35 WIB
Tugas tidak diberikan setiap hari, tapi satu pekan sekali. Pengambilan hasil tugas bisa di sekolah atau di rumah...
ANTARA FOTO/	Aswaddy Hamid

KLHK Siapkan Helikopter untuk Pengendalian Karhutla Riau

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 02 Maret 2021, 11:16 WIB
"Dukungan helikopter dari KLHK ini untuk membantu kerja patroli atau pemantauan udara, pemadaman udara atau water boombing, dan...
ANTARA/ Raisan Al Farisi

IDI Ingatkan Pembukaan Sekolah Belum Bisa Nasional

👤Humaniora 🕔Selasa 02 Maret 2021, 10:05 WIB
Kebijakan ini dikeluarkan karena semakin muda peserta didik atau jenjang sekolah, semakin sulit melakukan pendidikan jarak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya