Kamis 04 Februari 2021, 11:10 WIB

Komit Berikan Pelayanan Terbaik dalam Persalinan di Masa Pandemi

Eni Kartinah | Humaniora
Komit Berikan Pelayanan Terbaik dalam Persalinan di Masa Pandemi

Dok.RSIA Bunda Jakarta
Ilustrasi

 

PANDEMI covid-19 yang melanda banyak negara di dunia, termasuk Indonesia bukan saja melumpuhkan banyak sektor kehidupan, melainkan juga mengganggu pelayanan untuk masyarakat. Salah satunya dalam hal pelayanan kesehatan.

Banyak rumah sakit yang kekurangan kamar ataupun tidak bisa melayani seorang pasien lantaran terinfeksi virus korona. Meski begitu, hal tersebut coba diminimalkan oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta. RSIA yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat itu mengaku komit untuk memberikan yang terbaik.

Baca juga: Waspadai Penyebaran Covid-19 di Rumah Sakit

RSIA Bunda Jakarta merupakan rumah sakit khusus ibu dan anak yang berdiri sejak tahun 1973 dengan menawarkan biaya yang sangat affordable namun mengedepankan pelayanan prima serta kenyamanan pasiennya. Sebagai RSIA dengan pengalaman selama 48 tahun, RSIA Bunda Jakarta saat ini sudah menjadi rujukan bagi Ibu dan anak tak hanya untuk wilayah Jabodetabek bahkan nasional dan Asia.

Sebagai salah satu rumah sakit ibu dan anak modern di Indonesia, RSIA Bunda Jakarta senantiasa mengedukasi khususnya bagi para calon Ibu atau Ibu agar tidak perlu parno untuk ke RS di masa pandemi, tetapi harus tetap cermat dalam memilih RSIA dengan protokoler pencegahan virus covid-19 terbaik. Khusus untuk wanita hamil yang mencari tempat bersalin, kriteria pemilihan tempat bersalin pun tak sekedar hanya mempertimbangkan tarif persalinan semata, tetapi perlu dipertimbangkan juga beberapa aspek penting, seperti yang sudah di terapkan di RSIA Bunda Jakarta seperti, penerapan protokol kesehatan, pemilihan dokter spesialis yang kompeten dan kooperatif, tenaga medis yang melayani sepenuh hati, memiliki peralatan lengkap untuk UGD, dan mendukung program ASI ekslusif.

“Di masa pandemi yang belum berakhir ini, rumah sakit kami telah menerapkan protokol kesehatan kepada semua pasien, ibu hamil pun akan melalui proses tambahan yaitu screening covid-19 yang bertujuan untuk mengetahui keadaan ibu hamil yang akan bersalin, melindungi pasien lain yang sedang dirawat serta melindungi tim di rumah sakit," ujar Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta, dr. Adittya.

"Selain itu di masa pandemi ini kami juga menutup akses kunjungan terhadap pasien, penunggu atau keluarga diwajibkan melakukan screening covid-19, serta ada protokol tambahan bagi suami yang akan menemani istri di ruang persalinan. Sehingga ibu hamil merasa nyaman dan aman dalam proses melahirkan. Sebagai institusi kesehatan masyarakat terpadu, kami memiliki tanggung jawab untuk terus berinovasi baik secara teknologi maupun pelayanan demi kepentingan pasien,” lanjutnya.

“Dalam masa pandemi, pusat layanan kesehatan memiliki andil untuk menjaga kesehatan dan keselamatan semua orang. Kami berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada seluruh pasien rawat inap dan rawat jalan serta selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” kata Adittya lagi.

Inovasi juga menjadi dasar RSIA Bunda Jakarta dalam berkarya dengan peningkatan mutu dan pelayanan yang telah dibuktikan melalui kehadiran berbagai pelayanan dan teknologi terbaru. Salah satu Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) yaitu tehnik operasi yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan pasien, proses pemulihan akan berlangsung cepat, tanpa rasa nyeri, disfungsi usus postoperative (pada operasi colorectal) dan mobilisasi pun bisa diminimalkan. (RO/A-1)

Baca Juga

dok.ist

PII Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi RI Bekerja di Hungaria

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 06:50 WIB
PERSATUAN Insinyur Indonesia (PII), bekerjasama dengan Kemendikbud membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi...
freepik.com

Ini Penyebab Kedutan Mata

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 06:45 WIB
Dalam istilah medis, kedutan mata disebut dengan myokymia. Kedutan mata merupakan kejang otot kelopak mata yang berulang dan tidak...
amazon.com

Ayo Belajar Menulis Angka Romawi

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 05:15 WIB
Dalam menggunakan angka Romawi, ada tujuh simbol dasar untuk memahami cara membaca maupun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya