Selasa 26 Januari 2021, 17:32 WIB

Penerapan GeNose untuk KA Dimulai di Jakarta dan Yogyakarta

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Penerapan GeNose untuk KA Dimulai di Jakarta dan Yogyakarta

MI/Andri Widiyanto
Petugas melakukan tes GeNose covid-19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

 

ALAT pendeteksi covid-19 Gajah Mada Electric Nose atau dikenal GeNose mulai diberlakukan di stasiun kereta api yang berada di dua kota pada 5 Februari mendatang.

Kepastian ini muncul seusai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: SE Terbit, Kemenhub Tetapkan GeNose Jadi Syarat Perjalanan KA

“Untuk penerapan pengecekan kesehatan melalui GeNose pada moda kereta api akan dimulai di dua kota terlebih dahulu, yaitu Jakarta dan Yogyakarta. Titik-titik stasiunnya akan ditetapkan oleh operator,” jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan resmi, Selasa (26/1).

Adita menyebut individu yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api, wajib menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR, yang menyatakan negatif covid-19. Sampel yang diambil pun dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam, sebelum jam keberangkatan untuk perjalanan KA antar kota di Jawa dan Sumatera.

Selain itu, diatur penerapan tes secara acak (random) denngan menggunakan rapid test antigen atau GeNose pada angkutan sungai, danau, penyeberangan dan kendaraan bermotor.

Baca juga: Akurasi 95%, GeNose Deteksi Covid-19 Kurang dari Tiga Menit

“Pelaksanaan SE ini dapat dievaluasi sewaktu-waktu. Menyesuaikan kondisi dan dinamika yang terjadi di lapangan,” imbuh Adita.

Kemenhub menginstruksikan seluruh operator transportasi agar memenuhi semua ketentuan. Serta, memberikan sosialisasi yang memadai kepada masyarakat. Kepada para calon penumpang, Kemenhub mengimbau untuk mengikuti ketentuan dan selalu menjalankan protokol kesehatan.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Makna Zaezar

Jelang Hari Terakhir, Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 Berjalan Baik

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:15 WIB
Sejak dimulai pada 12 April hingga hari ini ke-6 atau jelang hari ujian terakhir besok, Minggu 18 April, tak ada laporan terkait peserta...
Antara/HO

Moderasi Upaya Hindarkan Bahaya Radikalisasi di Kalangan Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:00 WIB
Pendidikan dan sosialisasi untuk melawan radikalisme dan terorisme kepada anak muda milenial sangat penting apalagi di masa teknologi...
Ilustrasi

Siklon Tropis Surigae bakal Bikin Hujan Lebat di Provinsi Ini

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 18:30 WIB
"Posisinya sudah semakin jauh dari wilayah Indonesia karena arah geraknya ke barat daya menjauhi wialyah Indonesia. Namun demikian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya