Jumat 22 Januari 2021, 21:38 WIB

Gandeng Kampus, Dekopin Beri Subsisi Biaya Kuliah

Gana Buana | Humaniora
Gandeng Kampus, Dekopin Beri Subsisi Biaya Kuliah

Dok. Dekopin
Kerja sama Dekopin dengan Universitas Siber Asia

 

DEWAN Koperasi Indonesia (Dekopin) berkomitmen memberikan beasiswa kepada anggota koperasi yang ingin mengikuti kuliah secara daring di Universitas Siber Asia (Unsia). Beasiswa yang diberikan berupa subsidi senilai Rp1 juta kepada 500 anggota koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Dekopin Nurdin halid mengatakan, dengan sistem perkuliahan online, memungkinkan generasi muda koperasi di seluruh Indonesia bisa kuliah di kampus berkualitas dan dengan biaya relatif murah dibanding kuliah offline. 

"Para praktisi koperasi bisa mengikuti kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan pergi ke kota untuk kuliah. Program studi yang ditawarkan juga sangat relevan dengan kebutuhan pengelolaan koperasi,” ujar Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/1).

Ia memaparkan, banyak manfaat yang bisa didapat oleh Gerakan Koperasi Indonesia dari kerja sama ini. Dari sisi biaya, dengan membayar uang kuliah Rp3 juta per semester, berarti hingga meraih gelar sarjana hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp25 juta. 

"Karena tidak perlu biaya ke kota, menyewa kos, dan biaya hidup lain di perkotaan,” ujar Nurdin.

Nurdin menjelaskan, sistem kuliah online anggota praktisi koperasi atau anaknya bisa mengikuti kuliah sambil bekerja dan mengembangkan karir. Apalagi di masa ekonomi sulit dan larangan kuliah tatap muka akibat wabah covid-19, kuliah online di Unsia menjadi pilihan yang realistis, rasional, dan strategis. 

Baca juga : Cegah Learning Loss, Mendikbud: Solusinya Itu PTM

Kerja sama itu, lanjut dia, merupakan program prioritas Dekopin di bidang peningkatan kapasitas koperasi di Indonesia. Program prioritas Dekopin periode 2019-2024 sejalan dengan program prioritas pemerintahan Joko Widodo 2019-2024 yang fokus pada pembangunan manusia demi memanfaatkan bonus demografi yang mencapai puncaknya pada 2030. 

“Di era ekonomi digital saat ini, koperasi-koperasi kita harus memperkuat diri dengan kemampuan dan budaya digital. Di situlah kita mengambil hikmah dari Covid-19 yaitu ‘memaksa’ masyarakat koperasi aktif menerapkan teknologi informasi,” kata dia.

Sementara itu, Rektor Unsia Jang Youn Cho menyambut baik kerja sama pihaknya dengan Dekopin. Menurutnya, kuliah online menjadi sangat penting bagi Indonesia untuk mempercepat pencapaian angka partisipasi kasar pendidikan tinggi Indonesia yang baru mencapai 34,8% pada 2019. Bandigkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 50%, Singapura 78%, dan Korea Selatan 98%.

Youn Co mengungkapkan, di Korea Selatan ada lebih dari 20 kampus yang sudah menerapkan kuliah online. Ia berharap, kampus online semakin bertumbuh dan berkembang di Indonesia. 

"Melalui kerja sama dengan Dekopin, Unsia berkomitmen untuk bersinergi agar proporsi masyarakat koperasi yang berpendidikan S1 bisa diperbanyak secara lebih cepat. Saya tentu berterima kasih kepada Dekopin atas komitmennya memberikan subsidi kepada anggotanya untuk mengikuti kuliah di Unsia,” ujarnya.. (OL-7)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

2021 Unit GeNose C19 Didistribusikan ke Berbagai Daerah

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 02 Maret 2021, 07:37 WIB
Sebanyak 2021 unit alat pendeteksi keterpaparan covid-19, GeNose C19, mulai didistribusikan ke berbagai daerah mulai Senin...
 CHARLY TRIBALLEAU / AFP

Epigallo Dalam Teh Hijau Bisa Mengurangi Efek Bahaya Covid-19

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 02 Maret 2021, 07:08 WIB
Salah satu bahan alami yang baru-baru ini mendapatkan perhatian dari para ilmuwan adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG), atau yang...
MI.Marcell  Kellen

Kepala BKKBN : Bonus Demografi bisa Dongkrak Perekonomian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 03:20 WIB
"Jadi jangan sampai usia produktif kita banyak, tapi malah pendapatan per kapita kita rendah, itu yang kita mau hindari,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya